alexametrics

Belajar Kingdom Animalia Lebih Menyenangkan dengan Kartu Kuartet

Oleh : Nadya Putri Lisna, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kingdom Animalia adalah salah satu materi pada mata pelajaran Biologi yang dipelajari di kelas X semester genap. Materi tersebut sangat luas cakupannya sehingga terkadang peserta didik merasa jenuh. Pada materi ini, mempelajari keseluruhan filum yang ada di dalam Kingdom Animalia, baik yang invertebrata dan vertebrata. Mencakup tentang ciri-ciri, struktur tubuh dan reproduksi masing-masing filum.

Setiap guru mengharapkan materi yang diajarkan oleh guru dapat tersampaikan kepada peserta didik. Namun, dalam prosesnya dibutuhkan inovasi media pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi lebih menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Sehingga dapat memotivasi peserta didik untuk dapat memahami materi yang disampaikan.

Pada hakikatnya media pembelajaran itu sendiri yang menentukan hasil belajar. Keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada isi pesan, cara menjelaskan pesan, dan karakteristik penerima pesan. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Makna Iman pada Rasul dengan Metode STAD

Menurut Dini Rosdiani (2013: 1) sebagian besar tugas guru adalah membantu peserta didik memperoleh pengetahuan prosedural yakni bagaimana melakukan sesuatu dan membantu peserta didik untuk memahami pengetahuan deklaratif yaitu pengetahuan tentang sesuatu. Oleh karena itu, karakteristik media perlu diperhatikan guru yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Proses pembelajaran yang baik dan inovatif tentu harus didukung dengan media pembelajaran yang menarik. Guru harus mampu membuat perencanaan pembelajaran yang tepat untuk mendorong minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan media pembelajaran. Dengan bantuan media pembelajaran, tentunya akan mempermudah guru dalam memberikan sebuah materi kepada para peserta didik.

Baca juga:  Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Asyik melalui Praktik di Lingkungan Sekolah

Media pembelajaran yang digunakan oleh penulis untuk meningkatkan pemahaman materi Kingdom Animalia yaitu menggunakan media permainan kartu kuartet. Permainan kartu kuartet sudah tidak asing lagi bagi peserta didik, pun jika diberi arahan peserta didik akan cepat paham.

Menurut Agustina (2011 : 37), “Permainan kartu kuartet adalah sejenis permainan yang terdiri atas beberapa jumlah kartu bergambar yang dari kartu tersebut tertera keterangan berupa tulisan yang menerangkan gambar tersebut. Biasanya tulisan judul gambar ditulis paling atas dari kartu dan tulisannya lebih diperbesar atau dipertebal.

Sedangkan tulisan gambar, ditulis dua atau empat baris secara vertikal di tengah-tengah antara judul dan gambar. Tulisan yang menerangkan gambar itu biasanya ditulis dengan tinta berwarna”.

Secara fisik kartu kuartet memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dari kartu kuartet antara lain : praktis, mudah dibawa ke mana-mana. Kemudian mudah dalam penyajiannya, mudah dimainkan di mana saja. Mudah disimpan, dapat digunakan untuk kelompok besar atau kecil.

Baca juga:  Pembelajaran Sistem Gerak dengan Picture and Picture melalui Media Whatsapp

Selain kelebihan secara fisik, media permainan kartu kuartet memiliki kelebihan daripada media-media yang lain. Di antaranya media ini selain sebagai suatu permainan yang menyenangkan, dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan menyimak peserta didik. Karena terjalin interaksi antarpeserta didik di dalam permainan tersebut, serta membantu peserta didik dalam menemukan gagasan atau ide tulisan yang sistematik.

Penggunaan media kartu kuartet dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi peserta didik SMA Negeri 8 Purworejo, tidak monoton dan tidak membosankan dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan keaktifan murid dalam pembelajaran dan hasil belajar yang memuaskan. (p8/lis)

Guru Biologi SMA Negeri 8 Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya