alexametrics

Menulis Cerpen Lebih Mudah dengan Bantuan Media Gambar Cerita Berseri

Oleh : Dra. Supriyatun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang aktif, produktif, kompleks, dan terpadu yang berupa pengungkapan dan yang diwujudkan secara tertulis. Menulis juga merupakan keterampilan yang menuntut penulis untuk menguasai berbagai unsur di luar kebahasaan itu sendiri yang akan menjadi isi dalam suatu tulisan (Nurgiyantoro, 2001:271).

Keterampilan menulis diajarkan pada siswa sejak pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. Melalui kegiatan menulis diharapkan siswa dapat menuangkan ide-ide atau gagasan baik yang bersifat ilmiah maupun imajinatif.

Oleh karena itu, sekolah tempat mengenyam pendidikan diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang menulis dengan baik melalui proses pembelajaran yang tepat sehingga potensi dan daya kreativitas siswa dapat tersalurkan.

Pembelajaran menulis, khususnya menulis cerpen sudah sejak lama dilaksanakan dengan berbagai metode dan media, tetapi sampai sekarang belum ada hasil yang optimal.

Hal itu karena menulis cerpen termasuk kompetensi dasar yang mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Menulis cerpen membutuhkan kosentrasi dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, penulis cerpen harus jeli dan teliti, harus mengenal seluk-beluk cerpen dengan baik, dan harus mengusai bahasa dengan baik.

Baca juga:  Belajar Lagu Tradisional Makin Asyik dengan Tayangan Video

Banyak siswa belum mampu berbahasa Indonesia secara baik dan benar, baik lisan maupun tulisan, mulai sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah umum. Siswa masih bingung dan mengalami kesulitan ketika harus menulis.

Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis cerpen, di sini penulis, guru bahasa Indonesia kelas IX SMPN 1 Gubug, menghadirkan sebuah media gambar, tepatnya media gambar cerita berseri.

Sadiman (2002: 29) mengungkapkan gambar adalah alat yang penting bagi pengajaran dan pendidikan. Gambar sebagai media pendidikan akan berhasil dengan efektif apabila disesuaikan dengan faktor kematangan anak, tujuan yang akan dicapai dan teknik penggunaan dalam situasi belajar.

Penggunaan media gambar cerita berseri dalam pembelajaran sebisa mungkin penyajiannya efektif. Gambar-gambar yang digunakan dapat merupakan gambar yang terpilih, besar, dapat dilihat oleh semua siswa yang ada di dalam kelas, dapat ditempel, digantung ataupun diproyeksikan. Selain itu media gambar berseri yang dipilih sudah seharusnya disesuaikan dengan tingkat dan usia belajar siswa. Dengan media ini siswa menjadi lebih mudah dalam menulis cerpen.

Baca juga:  Mengelola Pembelajaran Daring Bahasa Inggris

Dalam media gambar cerita berseri disajikan gambar-gambar yang membentuk rangkaian cerita yang saling berkaitan dan membentuk alur cerita tertentu. Di dalam gambar cerita berseri juga disajikan dialog-dialog yang dapat membantu siswa dalam menuliskan dialog tokohnya.

Dengan melihat gambar-gambar yang menarik siswa dapat berimajinasi tentang apa yang mereka lihat kemudian menceritakannya dalam bentuk tulisan. Siswa dapat merangkai potongan- potongan gagasan yang ada dalam pikiran menjadi bentuk kalimat yang runtut sehingga menghasilkan karangan yang baik dan melatih siswa dalam mengatur alur cerita.

Selain itu, media gambar berseri dapat mengurangi rasa jenuh sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan. Dengan pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa menjadi lebih rileks, lebih aktif, dan lebih bebas berkreasi.

Baca juga:  Digital Flip Book Alternatif Pembelajaran Daring Bahasa Inggris

Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar cerita berseri ada perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis cerpen di kelas IX.

Penggunaan media gambar cerita berseri pada pembelajaran menulis cerpen mengalami peningkatan di setiap prosesnya. Sehingga hasil keterampilan menulis cerpen siswa dapat meningkat dari kondisi awal dalam kategori kurang menjadi baik, dari kategori sulit menjadi lebih mudah. (nov1/lis)

Guru SMP Negeri 1 Gubug

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya