alexametrics

Aplikasi Schoology untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Oleh: Sumaryati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kurang lebih dua tahun ini dunia dilanda musibah Covid-19. Dalam dunia pendidikan, kegiatan belajar mengajar tidak diperbolehkan melalui tatap muka.

Hal ini sangat berpengaruh pada kondisi siswa, dimana proses belajar mengajar menjadi terhambat dan semangat serta motivasi siswa dalam belajar menurun.

Banyak metode yang dapat diterapkan agar para siswa tetap dapat belajar. Dari beberapa metode pembelajaran yang ada, salah satunya adalah metode pembelajaran daring, yaitu pembelajaran jarak jauh tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet.

Penulis menggunakan aplikasi schoology dalam kegiatan pembelajaran daring. Menurut Jayanti (2020) salah satu teknologi yang dapat diakses secara online yaitu dengan menggunakan aplikasi schoology.

Aplikasi ini merupakan bagian dari LMS yang mempermudah pendidik dan peserta didik berinterasi dimanapun dan kapanpun, terlebih mempermudah dalam menyampaikan materi, menjawab kuis, dan mengumpulkan tugas.

Baca juga:  Blended Learning Solusi Pembelajaran di saat PTM Terbatas

Aplikasi schoology ini dapat dengan mudah digunakan oleh para siswa karena sistemnya sederhana, mudah diterapkan untuk penyampaian materi dan penugasan dengan tetap menggunakan jaringan internet. Aplikasi ini sebagai sarana diskusi antara guru dan siswa, sehingga ketika ada kesulitan dalam pelajaran, siswa dapat langsung bertanya dan guru dengan mudah menjawab atau menjelaskan kesulitan tersebut.

Menurut Tigowati dkk (2017) Motivasi siswa dengan e-learning berbasis schoology lebih baik karena schoology membuat tertarik pada pelajaran Simulasi Digital, membuat lebih semangat, lebih senang serta mudah belajar dimanapun dan lebih termotivasi belajar.

Metode aplikasi schoology yang penulis lakukan adalah dengan mentrasnfer ilmu pengetahuan baik berupa video, gambar, materi dan materi lain yang bisa dilink dengan internet.

Penugasan dengan menggunakan forum diskusi penulis terapkan agar ada interaksi dengan para siswa dan mereka dapat mengetahui benar tidaknya tugas yang telah dikerjakan sehingga tetap terjalin komunikasi antara guru dan siswa. Dan siswa pun tetap aktif dalam proses belajar mengajar.

Baca juga:  Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn melalui Make A Match

Pembelajaran tetap hidup, siswa tetap merasa nyaman dan tidak merasa bosan ketika sedang belajar. Bila ada kesulitan atau ada hal-hal yang kurang dipahami, mereka mendapat jawaban pada saat itu juga.

Siswa pun dapat merasakan bahwa tidak ada perbedaan dengan sekolah tatap muka. Aplikasi schoology ini juga untuk penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian semester dan ujian sekolah yang hasilnya secara langsung dapat diketahui oleh para siswa.

Dengan aplikasi ini para siswa mendapatkan hal baru tentang teknologi, sehingga mereka lebih mengenal dan menguasai teknologi. Pembelajaran dengan aplikasi schoology ini dapat dilakukan dengan kegiatan lain dalam waktu yang bersamaan. Sehingga mereka dapat melaksanakan pembelajaran dengan rileks dan tidak mengurangi kualitas belajar siswa.

Baca juga:  Bouncing Ball Tingkatkan Hasil Belajar Tenis Meja

Pembelajaran dengan aplikasi ini menekankan pada kerja sama yang baik antara guru dengan orangtua siswa. Orangtua menjadi lebih aktif dalam memotivasi putra putri mereka dalam proses belajar.

Orangtua dapat mengikuti perkembangan putra putrinya. Hal yang jarang dilakukan oleh orangtua siswa ketika siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, karena ada orang tua berprinsip bahwa putra putri mereka menjadi tanggung jawab guru.

Yang terlebih penting lagi, menggunakan aplikasi schoology ini dapat membuat siswa lebih bertanggung jawab atas diri mereka sendiri. Ketika siswa menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan mereka, tentu siswa akan mengikuti semua proses belajar mengajar dengan baik. Tepat waktu pada jam pembelajaran yang telah terjadwal dan melakukan dengan sungguh-sungguh meski tanpa pengawasan secara langsung dari guru. (ng1/lis)

Guru SMAN 1 Ngluwar Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya