alexametrics

Pede Meningkat dengan Biindi Matematika

Oleh: Supadmi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kebutuhan manusia bermacam-macam, ada kebutuhan jasmani, kebutuhan rohani dan sosial. Ada juga bebutuhan primer, sekunder dan tertier. Tidak kalah pentingnya kebutuhan manusia adalah pede yang merupakan kependekan dari percaya diri.

Percaya diri itu sangat mutlak dibutuhkan, karena bila tidak mempunyai kepercayaan diri maka orang tersebut tidak berani melangkah. Tidak berani mengerjakan sesuatu dan tidak berani mengambil keputusan. Itu semua akan sangat mengganggu dalam tingkah laku, dalam bergaul dan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Begitu pentingnya rasa percaya diri hingga setiap orang mengupayakan untuk meningkatkan dan kalau ada yang orang yang kurang percaya diri harus ada orang lain yang membangkitkan atau dalam istilah bahasa Jawa “mbombong” agar mempunyai rasa percaya diri.

Baca juga:  Pendidikan Karakter oleh Guru BK di Masa Pandemi

Memang untuk menumbuhkan kepercayaan diri harus dibantu orang lain meskipun itu bukan satu-satunya unsur yang utama, yang penting ada kemauan dari diri sendiri yang harus juga bersemangat untuk membangkitkan rasa percaya diri.

Dalam pelajaran matematika pun tidak ketinggalan, untuk bisa mengerjakan soal perlu ke-pede-an. Kadang ada anak yang selalu ragu dalam mengerjakan soal matematika, karena takut salah, malu dengan teman, belum jelas, atau dengan alasan yang lain yang pada intinya karena tidak atau kurang percaya diri.

Untuk mengurangi atau untuk menghilangkannya dengan “biindi” yang kepanjangannya adalah bimbingan individu. Setiap anak yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal dibimbing secara individu hingga bisa mengerjakan satu soal benar.

Baca juga:  Belajar Matematika Semakin Menyenangkan dengan Aplikasi Math Games

Di sini setiap anak dibimbing karena masalah yang dihadapi berbeda sehingga, mereka merasa mendapat perhatian dan merasa bahwa sebenarnya mereka bisa. Sehingga rasa percaya dirinya semakin meningkat. Diharapkan setelah ada bimbingan individu kemauan atau semangat anak untuk mengerjakan soal matematika meningkat karena merasa ternyata dia bisa mengerjakan soal matematika.

Dan masih tetap dengan bimbingan hingga bisa menyelesaikan soal matematika benar. Selanjutnya mereka akan mempunyai motivasi untuk mengerjakan soal-soal selanjutnya karena merasa diapun bisa mengerjakan benar.

Dengan bimbingan individu yang diberikan kepada setiap anak yang bermasalah diharapkan bisa meningkatkan kapercayaan diri dan itu mungkin dilakukan hanya sekali saja. Karena kalau sudah ada rasa percaya diri selanjutnya anak bisa mengembangkan sendiri atau bisa menumbuhkan sendiri bahkan bisa meningkatkan prestasinya sendiri dengan cara dan strateginya sendiri.

Baca juga:  RME Tumbuhkan Kemampuan Berpikir Siswa dalam Belajar Matematika

Apalagi kelancaran dalam mengerjakan soal matematika, yang sampai saat ini masih merupakan pelajaran yang tidak atau kurang disukai, mereka bisa mengerjakan dengan benar merupakan kegembiraan tersendiri yang akan cepat menumbuhkan kepercayaan diri. Dan akan menambah semangat dalam belajar tidak hanya pelajaran matematika tetapi juga pada mata pelajaran-mata pelajaran yang lain. Dengan kata lain bimbingan individu matematika dapat meningkatkan kepercayan diri. (bk1/lis)

Guru Matematika SMPN 7 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya