alexametrics

Mengefektifkan Pembelajaran dengan Video Mind Mapping Prezi

Oleh : Anika Purwantiningsih, SE

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Tahun 2022, pendidikan di Indonesia mulai bertahap melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka. Dengan tetap menyesuaikan kesehatan di lingkungan sekitar. Guru sebagai motor penggerak pembelajaran dituntut mampu memanfaatkan teknologi.

Jika hanya menggunakan metode ceramah tanpa media pembelajaran menarik bisa membuat pembelajaran kurang efektif dan siswa kurang berminat belajar.

Menurut Kemp & Dayton dalam Arsyad (20011:22) fungsi media pembelajaran adalah untuk menyampaikan pelajaran dengan lebih menarik perhatian siswa, pembelajaran menjadi lebih interaktif, waktu pengajaran lebih singkat, proses belajar mengajar di kelas meningkat, dan peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif.

Pembelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Rembang mulai megembangkan dengan penggunaan presentasi mind mapping dengan media Prezi. Mind mapping dapat membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran di kelas dengan meringkas bahan yang banyak menjadi lebih ringkas. Tinggal beberapa lembar saja dan mudah dipelajari dan diingat siswa.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Pengusaan Grammar dengan Media Board Race

Dengan mind mapping, seluruh informasi penting dari setiap bahan pelajaran dapat diorganisir dengan menggunakan struktur yang sesuai dengan mekanisme kerja alami dari otak. Sehingga lebih mudah dipahami dan diingat.

Menurut Windura (2008) saat seseorang menggunakan mind map, berarti saat itulah seseorang sedang mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik otaknya. Dengan demikian, penggunaan mind map menjamin tingkat kreativitas tertinggi dan akan menghasilkan kualitas terbaik dalam suatu pekerjaan.

Mind mapping dalam media prezi lebih menekankan pada point-point utama. Berupa kata-kata kunci yang disusun berdasarkan pengelompokan informasi. Gabungan kata sederhana dan gambar yang terkait dapat menstimulasi siswa berpikir cepat dan lebih kreatif. Karena dengan tampilan mind map, alur pikiran siswa lebih terarah, terdapat warna-warna yang mempermudah siswa dalam mengingat. Dapat disertakan berbagai gambar yang menunjang konsep atau ide. Sehingga lebih mudah dipahami siswa.

Baca juga:  Penerapan Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Dengan tampilan mind map yang menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu mengefektifkan guru dalam menyampaikan materi di kelas.
Prezi telah menyediakan berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan. Yaitu visualisasi data, sistem yang kompleks, diagram-diagram untuk menunjukkan proses, dan diagram jaringan, sebagai alat untuk pemetaan pikiran dalam ruang lingkup ilmu pengetahuan kognitif, desain kolaboratif, resume dan portofolio, kartu elektronik dan ekspresi kreativitas individu lainnya.

Penulis menerapkan presentasi prezi pada mata pelajaran ekonomi bisnis yang membahas lembaga keuangan. Lembaga keuangan dibagi menjadi dua bagian. Yakni materi 1 berisi pengertian dan jenis-jenis lembaga keuangan bank, materi 2 berisi pengertian dan jenis-jenis Lembaga keuangan bukan Bank. Perbedaan lembaga keuangan bank dan bukan bank ini disajikan dengan tampilan yang mudah diingat sehingga siswa lebih cepat memahaminya.

Pada tampilan awal kita dapat melihat secara keseluruhan materi ajar yang akan disampaikan. Pada awal tampilan akan terlihat judul materi beserta dengan seluruh tampilan materi. Kemudian jika pengguna ingin melanjutkan ke tampilan kompetensi dasar dan materi ajar, pengguna harus menekan tombol “next” yang ada dalam tampilan layar.

Baca juga:  Kelola Sekolah dengan Manajemen Kewirausahaan

Pada presentasi prezi bisa ditambahkan media berupa video pembelajaran. Ini bertujuan agar proses pembelajaran di dalam kelas lebih menarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Setelah dilakukan evaluasi siswa kelas XI BDP SMK Negeri 1 Rembang cenderung menyukai pembelajaran yang menarik dan menyenangkan menggunakan media presentasi prezi. Dibandingkan pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Siswa bisa mengulang menonton dan menganalisa video presentasi prezi yang sudah di share ke Google Classroom.

Semoga pemanfaatan media video pembelajaran menggunakan Prezi bisa menambah sumber belajar bagi siswa. Menumbuhkan semangat belajar di era kemajuan teknologi. (rn1/fth)

Guru Produktif Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMKN 1 Rembang, Kab. Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya