alexametrics

Intodem sebagai Realisasi Pembelajaran Procedure Text

Oleh : Wiwiek Septiani

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran bahasa Inggris pada setiap jenjang pendidikan memiliki tujuan yang berbeda satu sama lain. Tetapi sebenarnya memiliki arah yang sama yaitu mencapai tujuan pembelajaran.

Tujuan pembelajaran menurut Dic dan Carey (1985) dalam Hamzah (2009: 91) adalah, “Tujuan pembelajaran adalah untuk menentukan apa yang akan dilakukan oleh anak didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.”

Pembelajaran menurut Trianto (2009: 17) adalah interaksi dua arah dari seorang guru dan peserta didik. Dalam hal ini antara keduanya terjadi komunikasi (transfer) yang intens dan terarah menuju pada suatu target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Hal ini sejalan dengan pendapat Suherli (2002:2) yang menyatakan,”Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang (oleh guru) agar terjadi proses pembelajaran (pada siswa).”

Salah satu masalah yang sangat menonjol dalam pembelajaran pada pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Permasalahan ini disebabkan belum tercapainya kemampuan siswa memahami materi yang disampaikan guru. Oleh karena itu perlunya pemilihan metode yang sesuai untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun untuk kegiatan pembelajaran agar hasilnya maksimal.

Baca juga:  Pembelajaran Menyenangkan dengan Story Telling

Metode intodem dapat digunakan oleh guru dalam menunjang perencanaan pembelajaran salah satunya agar proses pemahaman siswa terhadap pembelajaran memproduksi procedure text akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian baik dan sempurna. Karena selama proses pembelajaran siswa memperlihatkan suatu proses peristiwa, atau cara kerja suatu alat kepada teman di sekelilingnya.
Berdasarkan latar belakang di atas, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dan nilai siswa khususnya dalam proses pembelajaran di kelas.

Pengertian procedure text menurut E. Kosasih (2014 : 67) adalah teks prosedur merupakan teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap, jelas, dan terperinci tentang cara melakukan sesuatu. E.kosasih (2014 : 68) mengatakan bahwa teks prosedur tidak hanya berkenaan dengan penggunaan alat, suatu prosedur dapat pula berisi cara-cara melakukan aktivitas tertentu dan kebiasaan hidup.

Baca juga:  Google Earth untuk Pembelajaran IPS Keren

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa teks prosedur merupakan teks yang berusaha menjelaskan langkah-langkah atau cara baik itu yang bersifat cara kerja maupun prosedur melakukan sesuatu secara terperinci untuk mencapai tujuan tertentu.

Metode interview merupakan metode pengumpulan data yang mengadakan wawancara atau tanya jawab (lisan) untuk memperoleh data. Hal ini sejalan dengan pendapat Sutrisno Hadi metode interview adalah salah satu cara untuk mendapatkan data dan tanya jawab lisan dimana dua orang atau lebih berhadap-hadapan secara fisik.

Adanya peningkatan kemampuan siswa tersebut menunjukan bahwa metode pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memproduksi teks prosedur. Berdasarkan simpulan di atas, maka saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: langkah-langkah penggunaan metode intodem dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memproduksi teks prosedur. Oleh karena itu disarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan metode intodem dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur.

Baca juga:  Asyik Belajar Regular dan Irregular Verbs dengan Verb Flash Card

Kemampuan siswa bervariatif. Untuk itu diperlukan adanya kreativitas guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga membuat siswa lebih antusias dalam belajar dan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mata pelajaran bahasa Inggris. (bk1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Kajen

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya