alexametrics

Puas, Belajar Pecahan dengan Sosis

Oleh: M. Hadi Dinana, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21 bahwa pembelajaran itu harus mampu mencetak siswa yang berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan tidak kaku saat berkolaborasi dengan orang lain dalam menyelesaikan masalah, serta lancar berkomunikasi mengungkapkan ide dan mentransfer pengetahuan yang dimilikinya untuk membantu orang lain menjadi cerdas.

Kondisi tersebut bisa terbentuk jika dalam proses pernbelajaran khususnya pembelajaran matematika sebagai mother of science, guru mampu membimbing siswa terlatih dan terkondisi untuk belajar mandiri.

Lingkungan yang kondusif dapat mengembangkan potensi dan minat anak secara optimal. Tidak adanya sarana dan prasarana yang mendukung membuat kegiatan pembelajaran menjadi terhambat. Salah satunya adalah pentingnya media dalam suatu pembelajaran, namun penggunaan media masih jarang digunakan oleh guru di dalam kegiatan pembelajaran.

Selama ini dalam pembelajaran matematika MIS Ma’arif NU Kalilembu kelas 6 sering menggunakan lembar kerja sebagai media, padahal media dapat digunakan dengan memanfaatkan lingkungan di sekitar, seperti bahan alam. Akibatnya hasil yang dicapai peserta didik rendah.

Baca juga:  Pemberdayaan Guru BK untuk Mengoptimalkan Potensi Siswa

Maka penulis mencoba haal baru yaitu mengkaitkan dunia nyata yang hanya dijadikan sebagai tempat pengaplikasian matematika bukan sebagai media dalam memahami konsep matematika. Berdasarkan kenyataan tersebut, penulis mengkreasi media pembelajaran yang tepat dan efisien untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI dengan cara mengaplikasikan media nyata dengan matematika sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan yaitu pecahan.

Media yang penulis gunakan untuk mengajarkan materi pecahan diberi nama sosis. Media ini berbahan dasar sosis yang berwarna merah. Bahan ini mudah dibeli dan siswa biasa memakannya. Sehingga siswa akan dengan mudah mengenali karakteristik dan diharapkan dengan mudah pula. Memanfaatkan lingkungan alam akan merangsang bakat dan potensi yang dimiliki anak.

Baca juga:  Bimbingan TIK Menggunakan Model Pembelajaran Probing Prompting

Penulis mengawalinya dengan pengenalan pecahan dari awal dan penyederhanaan pecahan. Media sosis siap digunakan untuk satu pertemuan maupun beberapa pertemuan, ada beberapa prosedur antara lain menyiapkan alat yang dibutuhkan untuk membantu dalam penggunaan media sosis dalam proses pembelajaran.

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut : Pertama, guru menjelaskan pada siswa pengertian dari bilangan pecahan, adalah bilangan yang dapat dipecah menjadi bagian yang tidak utuh. Sedangkan bilangan pecahan merupakan suatu bagian dari bilangan yang terbagi menjadi bagian yang sama. Pada bilangan pecahan, ada yang disebut pembilang dan penyebut.

Kedua, yaitu menunjukkan alat alat potong sebagai media pembantu atau alas untuk memotong, misalnya pisau. Ketiga, pahami bahwa pecahan merupakan bagian dari suatu keseluruhan. Angka di sisi atas dinamakan pembilang, dan mencerminkan banyaknya bagian dari total. Angka di sisi bawah dinamakan penyebut, yang mencerminkan banyaknya total bagian. Perlu diingat bahwa kamu boleh menuliskan pecahan menggunakan garis miring.

Baca juga:  Apersepsi Menggugah Siswa saat Pandemi

Angka di sebelah kiri adalah pembilang dan angka di kanan adalah penyebut. Jika kamu mengerjakan pecahan pada baris yang sama, sebaiknya tuliskan angka pembilang di atas angka penyebut. Sebagai contoh, jika kamu mengambil satu dari empat potong piza, artinya kamu memiliki 1/4 sosis. Jika kamu memiliki 7/3 sosis, artinya kamu memiliki dua sosis utuh ditambah 1 dari 3 potongan sosis.

Sebagai penulis tidak henti-hentinya belajar dan belajar terus supaya kita bisa berinovasi pembelajaran kita. Salah satunya adalah dengan media sosis tiap materi agar kita selalu dapat berinovasi cara pembelajaran yang baru menarik dan menyenangkan, sehingga peserta didik, tidak ada lagi anggapan bahwa matematika itu sukar dan membosankan. (cd1/ton)

Guru Kelas 6 MIS Ma’arif NU Kalilembu

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya