alexametrics

Aplikasi Quilgo dalam Pengerjaan PAS Mapel Kimia untuk Melatih Kejujuran

Oleh : Markun, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Membiasakan kejujuran pada siswa menjadi hal yang sangat penting. Orang tua pasti akan mengharapkan anaknya berperilaku jujur. Kejujuran perlu dilatih pada anak agar membentuk budaya jujur dan menjadi pribadi yang baik.

Menurut Mohamad Mustari (2011: 13-15), jujur adalah suatu perilaku manusia yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain.

Melatih kejujuran atau mengurangi kecurangan dapat dilakukan pada saat pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pada saat diadakan tes online atau penilaian perlu adanya aplikasi yang bergina untuk mendeteksi adanya kecurangan. Untuk mengurangi kecurangan ini bisa menggunakan Quilgo.

Quilgo adalah google add-on yang merupakan salah satu aplikasi tambahan pengatur waktu yang bisa disematkan pada google form. Add-on Quilgo yang disematkan dalam google form disamping mengatur waktu, tetapi juga dapat melihat gerak-gerak siswa dengan adanya kamera (camera tracking) dan perubahan layar (screen recording).
Add-On dapat didefinisikan sebagai alat yang menambahkan fitur tertentu untuk program yang sudah ada dan meningkatkan kinerja dalam proses.

Baca juga:  Belajar Kimia Unsur di Masa Pandemi Lebih Menarik dengan Google Sites

Add-On memungkinkan konten untuk dimanipulasi dan diubah untuk memenuhi persepsi pengguna tertentu seperti situs web apa atau halaman web akan terlihat seperti penyesuaian tatapmuka dengan pengguna dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan semua jenis fitur baru pada program. Fitur ini bersifat personal dan dapat membuat browser lebih bersih dan sederhana yang dapat menarik bagi pengguna (Kliksma.com, 2019).

Di SMA Negeri 1 Muntilan dalam melaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) gasal mata pelajaran Kimia menggunakan add-on Quilgo. Awalnya guru membuat soal di google form untuk dipersiapkan PAS. Selanjutnya soal di google form disisipkan menggunakan add-on Quilgo. Fitur ini mempunyai link sendiri tetapi pemilik akun bisa langsung memasuki link Quilgo karena sudah otomatis terintegrasi dengan email google dari pemilik akun soal PAS.

Baca juga:  Pandemi, Sekolah Bebas Menggelar PAS

Langkah menyematkan Quilgo pada Google Formulir meliputi : menambahkan add-on Quilgo pada soal. Sign up ke web Quilgo untuk mendapatkan token, impor formulir ke Quilgo dengan mengklik enable Quilgo. Mendapatkan link dan setting timer.

Mensetting camera tracking dan screen rocording untuk mendapatkan gerak-gerik siswa. Lalu mengirim link ke siswa.

Sebelum pelaksanaan PAS dimulai ada sosialisasi bahwa kamera pada HP atau laptop siswa harus on. Jika kamera dimatikan maka akan didiskualifikasi tesnya dan harus mengikuti PAS susulan. Siswa juga mengirim alamat email untuk didaftarkan pada Quilgo.

Saat PAS guru dapat memonitor gerak-gerik siswa melalui camera tracking. Siswa yang terlalu banyak menoleh ke arah lain atau ke selain HP yang digunakan dapat didiskualisasi. Dengan melihat screen recording guru dapat melihat halaman apa saja yang dibuka oleh siswa, apakah halaman yang digunakan untuk mencontek atau bukan. Jika halaman yang dibuka berisi materi yang diteskan ada kemungkinan siswa melakukan kecurangan, sehingga didiskualifikasi.

Baca juga:  Praktikum Sel Volta dengan Mudah dari Rumah

Pada saat pengerjakaan PAS guru bisa melihat siswa mana yang belum memulai membuka google form walaupun waktunya sudah berjalan. Jika ada kemungkinan baru menunggu share jawaban dari teman-temannya. Guru langsung mengingatkan agar siswa itu untuk segera mengerjakan PAS.

Dari gamabaran di atas PAS menggunakan google form yang disisipi Quilgo dapat menjadi salah satu alternatif untuk melatih kejujuran pada siswa. Siswa menjadi jujur dalam mengerjakan PAS yang diawasi secara online. Harapannya jujur menjadi budaya bagi siswa-siswa kita. (mn1/lis)

Guru Kimia SMAN 1 Muntilan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya