alexametrics

Peran Kepala Sekolah Menanamkan Akhlak Siswa melalui Pembiasaan

Oleh : Alif Setyawan*)

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Termasuk berpengaruh perkembangan anak. Salah satu dampak negatif yang kita rasakan adalah penurunan akhlak anak-anak. Satu diantaranya penyalahgunaan teknologi. Dengan kemudahan mengakses informasi dari seluruh dunia hanya dengan genggaman tangan, merupakan sesuatu yang menguntungkan juga merugikan. Tantangan yang kita hadapi semakin besar.

Seiring berkembanganya zaman dimana masuknya budaya asing seperti budaya barat ke Indonesia. Masuknya budaya barat tidak sesuai dengan jati diri budaya yang ada di Indonesia dan hal tersebut memiliki dampak yang besar bagi perkembangan perilaku anak. Masalah akhlak merupakan masalah yang membutuhkan perhatian serius terutama bagi yang berkecimpung di dunia pendidikan. Karena pada dasarnya pendidikan akhlak adalah inti dari semua jenis pendidikan. Jadi, akhlak merupakan bagian yang terpenting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Lalu, bagaimana kita menanamkan pendidikan akhlak pada anak di sekolah?.

Baca juga:  Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah

Akhlak berasal dari bahasa arab dari kata khuluq yang berarti tingkah laku, tabiat atau perangai. Secara istilah, akhlak yaitu sifat yang dimiliki seseorang, telah melekat dan biasanya tercermin dari perilaku orang tersebut. Menurut Dindin Jamaluddin, 2013: 16 akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa manusia. Dapat dinilai baik atau buruk dengan menggunakan ukuran ilmu pengetahuan dan norma agama. Sedangkan menurut Muhammad al-Baqir, 2015: 28 akhlak adalah sebuah bentuk ungkapan yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan yang gampang dan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

Penulis terus menanamkan akhlak yang baik diantaranya dengan melakukan pembiasaan di SD Negeri 1 Tangkisan Kecamatan Mrebet Purbalingga. Hal ini penulis sampaikan pada semua guru, siswa dan orang tua siswa. Kegiatan pembiasaan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas. Pembiasaan dimulai pukul 07.00 – 07.40 WIB. Adapun wujud dari pembiasaan diantaranya membaca asmaul husna, hafalan doa-doa harian, dan hafalan surat-surat pendek setiap pagi sebelum mulai pembelajaran yang dibimbing bapak ibu guru wali kelas.

Baca juga:  Peran Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era New Normal Pendidikan

Pelaksanaan pembiasan terjadwal untuk kelas 1 – 6. Guru dari masing-masing kelas bertanggung jawab terhadap kelasnya hingga pelaksanaan pembiasaan dapat berjalan dengan baik. Selain itu guru memberikan kartu kendali kepada masing-masing anak yang bertujuan agar dapat membantu dan memantau perkembangan hafalan doa dan suratan pendek. Harapannya dengan anak terbiasa dengan hafalan asmaul husna, doa harian dan surat-surat pendek kelak menjadi modal dan bekal ketika anak lulus dari sekolah.

Pembiasaan lainnya adalah anak dibiasakan untuk bersalaman dengan cara mencium tangan bapak dan ibu guru serta dengan teman sebayanya sebelum masuk kelas. Hal ini agar anak terbiasa bersalaman untuk meningkatkan kerukunan dan keakraban antar teman sehingga ketika ada yang berselisih antar teman bisa langsung meminta maaf dengan bersalaman. Dengan pembiasaan tersebut walaupun terlihat mudah dan ringan tanpa disadari terbentuk akhlak baik, melekat dan terbawa kelak sampai dewasa. Pembiasaan tersebut adalah sebagian kecil yang dapat dilakukan oleh sekolah.

Baca juga:  Peran Guru Agama sebagai Pendamping Siswa “Yatim Sosial”

Berdasarkan uraian diatas dalam menanamkan akhlak adalah ketika kepala sekolah mampu mengajak guru untuk bersama-sama melakukan pembiasan kepada siswa. Maka dengan sendirinya akhlak akan tertanam pada siswa. Jadi peran kepala sekolah sebagai pemimpin sangat dibutuhkan dalam menanamkan akhlak melalui pembiasaan siswa di sekolah yang dipimpinnya. (pb1/fth)

Kepala Sekolah SDN 1 Tangkisan Kecamatan Mrebet Kab. Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya