alexametrics

Pembelajaran Fisika Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School

Oleh : Aris Fahkrudin, S.Si, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 telah berdampak pada berbagai bidang di dunia, tanpa terkecuali bidang pendidikan. Situasi ini menyebabkan berubahnya pembelajaran yang biasanya tatap muka di ruang kelas menjadi dilaksanakan di rumah, yaitu pembelajaran daring.

Sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar dari rumah selama darurat Covid-19. Hal ini membuat semua pembelajaran dilakukan dengan online atau dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah.

Media pembelajaran dan kreativitas guru sangat berperan dalam pembelajaran jarak jauh agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Banyak media pembelajaran online yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran online menghubungkan siswa dengan sumber belajarnya yang secara fisik terpisah namun dapat saling berkomunikasi, berinteraksi (secara langsung/synchronous dan secara tidak langsung/asynchronous).

Pembelajaran online akan memberikan dampak yang positif di antaranya adalah pembelajaran menjadi mandiri dan interaktivitas yang tinggi mampu meningkatkan daya ingat, memberikan pengalaman belajar dengan teks audio, video conference untuk berkomunikasi secara langsung.

Baca juga:  Tantangan Praktikum Fisika dalam PJJ di Masa Pandemi

Media pembelajaran online dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran dari rumah atau PJJ. Pelaksanaan belajar dari rumah ini diharapkan tidak hanya difokuskan pada pencapaian akademik saja, tetapi juga pada pembelajaran kecakapan hidup. Kegiatan belajar dari rumah juga diharapkan agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

Pemilihan media yang tepat menjadi hal mutlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media quipper school adalah platform sekolah digital untuk siswa dan guru di Indonesia. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah.

Media quipper school menyediakan bahan ajar yang menarik dan sesuai Kurikulum 2013. Siswa mudah mengulang bahan ajar kapan pun dan di mana saja. Guru dan siswa dapat berdiskusi melalui fasilitas pesan dalam aplikasi quipper school, sehingga membuat siswa menjadi aktif. Ada dua portal dalam media quipper school yaitu portal guru dan siswa, sehingga kapan pun guru bisa memberi tugas dengan mudah dan siswa dapat mengerjakan tugas pada saat itu juga.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Sains dengan Metode Inkuiri Terbimbing

Pembelajaran Fisika di MAN 1 Kota Semarang sudah menggunakan media pembelajaran quipper school. Media ini merupakan salah satu media pembelajaran yang interaktif dan efektif secara online. Pada aplikasi quipper school ini guru berperan seperti biasanya sebagai fasilitator dalam mengelola materi, melaksanakan tes atau ujian, serta melihat perkembangan siswa.

Siswa pun dengan mudah mengerjakan tugas atau ujian secara online dan dapat mengetahui umpan balik secara langsung. Siswa merasa senang karena penyajian materi pelajaran yang menarik serta mudah untuk dipahami melalui alat komunikasi yang mereka miliki. Seperti laptop dan gawai aplikasi quipper school juga dapat diakses secara gratis melalui paket Ilmupedia.

Penelitian sebelumnya didapatkan bahwa quipper school dapat meningkatkan hasil belajar siswa, mengingat siswa dapat belajar sambil bermain sehingga tidak ada tekanan. Quipper school juga dapat meningkatkan baik proses maupun hasil belajar siswa karena mereka belajar tanpa tekanan.

Baca juga:  Cybercounseling untuk Membantu Student Burnout di Masa Pandemi Covid -19

Media pembelajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan siswa. Hal tersebut dapat meningkatkan proses aktivitas siswa sehingga pembelajaran akan lebih santai, tidak membosankan dan menimbulkan persaingan sehat untuk memperoleh nilai yang setinggi-tingginya.

Media quipper school merupakan sarana pembelajaran yang penyampaiannya selalu menarik dan up to date dalam memberikan stimulus kepada siswa. Sehingga siswa akan dengan sendirinya merasa tertarik dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian, kemandirian belajar siswa akan terbentuk pada diri masing-masing siswa sehingga hasil belajar pun menjadi meningkat. (fkp2/lis)

Guru Fisika MAN 1 Kota Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya