alexametrics

Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples

Oleh: Tisna Ade Puspita Halid, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATA Pelajaran IPS disusun secara sistematis, komphrensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju keberhasilan dalam kehidupan di masayarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

Adapun tujuan mata pelajaran IPS di Sekolah dasar adalah sebagai berikut: Mengenal konsep- konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memcahkan masalah dan keterampilan dalam kehidupan social.

Memiliki komitmen dan kesadaran terhadp nilai-nilai sosial dan kemanusiaan. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional dan global.

Guru sebagai pendidik sangat berperan penting dan sangat menentukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, karena guru terlibat langsung pada kegiatan belajar mengajar. Untuk itu dalam proses belajar mengajar kemampuan dalam memanfaatkan dan menggunakan metode dan strategi belajar yang tepat dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berdasarkan pengamatan saat mengajar di SD Negeri Randugunting 5 Kota Tegal diperoleh data awal hasil belajar IPS Siswa Kelas VI Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022, KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN masih tergolong rendah yaitu 32 % yang tuntas dari 31 peserta didik.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar IPA melalui Probing Promting

Dari uraian di atas penulis menerapkan suatu pembelajaran dengan model kooperatif tipe examples non examples. Pembelajaran dengan model kooperatif tipe examples non examples sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri Randugunting 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022.

Menurut Ibrahim (dalam Trianto, 2010: 60), “Pembelajaran kooperatif mempunyai efek yang berarti terhadap penerimaan yang luas terhadap keragaman ras, budaya dan agama, strata sosial, kemampuan dan ketidak mampuan.

Pembelajaran kooperatif memberikan peluang kepada siswa yang berbeda latar belakang dan kondisi untuk bekerja saling bergantung satu sama lain atas tugas-tugas bersama, dan melalui penggunaan struktur penghargaan kooperatif, belajar untuk menghargai satu sama lain”.

Istarani (2012:9) menjelaskan bahwa model pembelajaran examples non examples yaitu suatu rangkaian penyampaian materi ajar kepada siswa dengan menunjukkan gambar-gambar yang relevan yang telah dipersiapkan dan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menganalisisnya bersama teman dalam kelompok yang kemudian dimintai hasil diskusi yang dilakukannya.

Baca juga:  Model Konsep Kalimat Tingkatkan Keterampilan Menulis Paragraf

Examples non examples berangkat dari data dokumentasi yang kembangkan menjadi suatu kajian dan diteliti sehingga diperoleh suatu pengetahuan sangat berguna yang sebelumnya tidak diketahui. Penyampaian materi ajar kepada siswa adalah dalam bentuk gambar-gambar.

Adapun langkah-langkah model pembelajaran Examples non Examples adalah: Guru mempersiapkan gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD; guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisis gambar.

Melalui diskusi kelompok 2-3 orang peserta didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai; dan Kesimpulan (Istarani, 2012:9).

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas VI Semester I SD Negeri Randugunting 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dapat dilihat pada hasil belajar data awal 32 % menjadi 90 % yang tuntas dari 31 peserta didik.

Baca juga:  Pesan Elektronik Sarana Pemberian Tugas Selama BDR

Ini membuktikan bahwa model kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi,politik di wilayah ASEAN.

Berdasarkan hasil penelitian di atas model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS sehingga perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut: Kepada guru yang mengajarkan pembelajaran IPS agar dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples sebagai salah satu alternatif agar dapat membuat suasana pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan membuat proses pembelajaran tidak membosankan serta diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan, terutama pada mata pelajaran IPS. Untuk hasil belajar siswa yang sudah baik hal ini harus dipertahankan dan dikembangkan secara terus-menerus. (nov1/zal)

Guru SDN Randugunting 5 Kota Tegal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya