alexametrics

Mengenal Organ Pencernaan Manusia melalui Model Picture And Picture

Oleh: Dian Mulyaningsih,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu kemampuan guru yang sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran adalah kemampuan guru untuk mengenal, memahami, dan menggunakan dengan tepat berbagai strategi atau pendekatan-pendekatan dalam proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Pendekatan-pendekatan itu hendaknya mengarah kepada pendekatan yang lebih memberikan peran aktif siswa dalam pembelajaran.

Menurut Rusyan, Tabrani dalam Trianto (2011:128) Mutu pendidikan dapat terwujud jika proses pembelajaran berjalan secara efektif. Artinya proses belajar dapat berjalan lancar, terarah, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pemilihan alat peraga dan metode pembelajaran harus sesuai dengan materi yang diajarkan.

Beberapa materi sulit diajarkan dan dipahami oleh peserta didik karena objek yang dipelajari sulit untuk dihadirkan secara langsung dihadapan siswa. Oleh karena itu, saat menjelaskan diperlukan alat bantu dalam mengajar yaitu alat peraga visual (gambar) yang diharapkan dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar siswa, membantu keefektifan proses pembelajaran, menarik dan mengarahkan perhatian untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran.

Baca juga:  Metode Peer Tutorial Tingkatkan Belajar Senam Lantai

Demikian halnya dengan materi organ pencermaan manusia pada mata pelajaran IPA kelas V semester 1 kompetensi dasar menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.

Untuk memudahkan peserta didik kelas V SD Negeri randuugunting 5 Tegal memperoleh pemahaman yang lebih tentang organ pencernaan manusia, guru menggunakan model pembelajaran picture and picture.

Model pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran yang memanfaatkan gambar (atau produk visual lain) sebagai media pembelajarannya, model ini mirip dengan example non example, yang mengharuskan siswa untuk memasangkan dan mengurutkan beberapa gambar.

Model ini mengandalkan gambar yang menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran, tepatnya gambar dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Maka dari itu, sebelumnya guru harus sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan, baik dalam bentuk poster, kartu ukuran besar, maupun ditampilkan menggunakan proyektor LCD.

Baca juga:  Metode Pembelajaran Drill Tingkatkan Prestasi Belajar Akuntansi

Langkah langkah pembelajaran picture and picture yang pertama yaitu guru meyiapkan dan menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Langkah kedua meyajikan materi tentang organ pencernaan sebagai pengantar. Ketiga, guru menujukkan atau memperlihatkan gambar-gambar organ pencernaan manusia. Keempat, Pendidik atau guru menunjuk atau memanggil peserta didik secara bergantian memasang atau mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.

Kelima, Guru menayakan alasan atau dasar pemikiran urutan gambar tersebut. Keenam ,dari alasan/urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep atau materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Langkah terakhir, guru memberikan kesimpulan terhadap pekerjaan yang telah dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran.

Melalui pembelajaran menggunakan model picture and picture, peserta didik tidak hanya mendapatkan kesenangan, tetapi dapat membangkitkan motivasi peserta didik sehingga peserta didik tidak akan menyadari bahwa sedang belajar, khususnya belajar dalam mengenal organ – organ pencernaan. Meningkatnya motivasi belajar peserta didik tentu saja berpengaruh terhadap hasil belajanya.

Baca juga:  Model Pembelajaran Membaca Intensif dengan Teknik Scramble

Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Randugunting 5 Tegal, dari 56 % siswa yang memperoleh nilai di atas KKM menjadi 89 %. (nov1/zal)

Guru SDN Randugunting 5 Tegal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya