alexametrics

Belajar Kimia di Era PJJ Lebih Terorganisasi dengan LMS Schoology

Oleh : Iin Retno Utami, S.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mulai tanggal 16 Maret 2020 pembelajaran jarak jauh (PJJ) telah diterapkan di Jawa-Bali. Pembelajaran jarak jauh dari rumah merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menurut Simonson (2010), pembelajaran jarak jauh adalah pendidikan formal (resmi) berbasis institusi/ lembaga dimana kelompok belajar (rombel) yang secara terpisah menggunakan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan antara peserta didik,pendidik, dan sumber belajar.

Dengan diberlakukanya PJJ maka sekolah harus mengambil strategi agar pembelajaran tetap dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga SMA Negeri 1 Muntilan memutuskan menggunakan Learning Management System (LMS) Schoology. Sebelum penerapan pembelajaran jarak jauh, penulis sudah menggunakan LMS Schoology dalam pembelajaran. Tetapi memang penggunaannya masih terbatas, dan belum intensif seperti ketika pembelajaran jarak jauh.

Sebelum pandemi penulis menggunakan LMS Schoology terutama ketika melaksanakan penilaian. Kita gunakan penilaian berbasis android dengan menggunakan LMS Schoology. Sedang untuk pembelajaran hanya menggunakan untuk variasi dalam KBM saja.

Baca juga:  Covid-19 Membantu Siswa Memahami Kegunaan dan Bahaya Senyawa Alkanol

Memasuki PJJ, sekolah kembali mengadakan pelatihan untuk mendalami fitur-fitur pada LMS Schoology. Di dalam LMS Schoology ada fasilitas my course yang memfasilitasi ketika kita akan membuat kelas-kelas pembelajaran.

Peserta didik dan guru dapat bergabung di kelas-kelas virtual tersebut dengan memasukkan access code. Ketika membuka kelas, banyak fitur dalam Schoology yang sangat membantu baik guru maupun peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh ini.

Fitur-fitur yang banyak kita gunakan terdapat dalam fitur Add Materials, di situ terdapat fasilitas Add Folder, Add Asignment, Add Assesment, Add File/Link/External Tool, Add Discussion, Add Page, Add Media Album, Add Package, Import from Resources dan Find Resources.

Dalam pembelajaran Kimia fitur yang sering kita gunakan adalah Add Folder untuk membuat jadwal sesuai hari dan mata pelajarannya, Add Page digunakan untuk memberikan petunjuk KBM Kimia yang akan dilakukan pada jam pelajaran tersebut. Add Page juga penulis gunakan untuk embed video pembelajaran dan materi.

Baca juga:  Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika, Menyenangkan di Rumah Belajar dengan Metode WBL

Add Discussion digunakan sebagai sarana diskusi dan komunikasi antara guru dengan peserta didik dan antarpeserta didik. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengumpulkan tugas seperti laporan praktikum, laporan proyek, dan tugas-tugas latihan soal esai dan Add Assesment digunakan untuk latihan soal, kuis, penilaian harian maupun penilaian lainnya.

Ketika peserta didik masuk dalam LMS Schoology pada pembelajaran kimia, pertama harus membaca petunjuk pembelajaran terlabih dahulu. Sehingga mereka paham apa saja yang akam mereka lakukan selama pembelajaran Kimia.

Biasanya mereka penulis minta untuk membaca buku terlebih dahulu, melihat video pembelajaran, membaca materi atau rangkuan materi, masuk ke ruang diskusi untuk melakukan diskusi dan komunikasi, dan mengerjakan tugas di luar jam KBM. Penilaian baik tugas, penilaian harian maupun PTS dan PAS juga dilakukan berbasic LMS Schoology.

Baca juga:  Belajar Puisi Menggunakan Model Two Stay Two Stray

Dengan menggunakan LMS Schoology pembelajaran Kimia lebih terorganisasi. Peserta didik dapat membuka kembali materi yang belum dipahami, menyelesaikan tugas yang belum mereka kerjakan, mengecek tugas yang belum mereka kerjakan dan dapat memantau keaktifannya sendiri dalam pembelajaran. Sebagai guru, dengan LMS Schoology ini semua pembelajaran yang sudah dilakukan terorganisasi dengan baik.

Kita sebagai guru dapat memantau kehadiran dan keaktifan siswa dalam KBM, dapat memantau kapan mereka mengumpulkan tugas apakah terlambat atau tidak. Memantau peserta didik ketika mengerjakan latihan soal, kuis maupun penilaian harian kapan mereka mulai mengerjakan.

Berapa waktu yang mereka gunakan untuk mengerjakan soal, soal mana yang benar dan salah dan yang pastinya nilai yang mereka dapat. Selain itu, pembelajaran secara runtut dari awal sampai akhir semester terdokumentasi dengan baik. (nov2/lis)

Guru Kimia SMAN 1 Muntilan, Kabupaten Magelang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya