alexametrics

Pembelajaran Praktik Penyembelihan Hewan dengan Media Audio Visual

Oleh: Sholikhah, S.Ag.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, AGAMA Islam menekankan kepada kita untuk mengkonsumsi makanan yang halal, karena dengan memakan makanan halal akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Salah satu makanan yang kita makan adalah daging. Halal dan haramnya daging hewan yang kita makan tergantung dari proses penyembelihan hewan tersebut. Penyembelihan hewan baik untuk keperluan qurban, aqiqah maupun untuk keperluan konsumsi sehari – hari sudah diatur secara detail dalam Agama Isllam.

Mengingat begitu pentingnya cara penyembelihan hewan yang benar maka SMP Negeri 2 Ulujami sebagai salah satu lembaga pendidikan yang kelak menghasilkan generasi muda berilmu dan berakhlaq tentunya telah menerapkan kurikulum pendidikan Agama Islam yang di dalamnya tercantum kompetensi dasar yang berisi tentang tata cara penyembelihan hewan.

Pemberian materi tersebut ditujukan agar kelak siswa dapat memahami dan menerapkan ilmu tentang tata cara penyembelihan hewan yang benar di tengah – tengah masyarakat.

Baca juga:  Belajar Sistem Reproduksi Manusia lebih Interaktif melalui Media Poster

Materi penyembelihan hewan terdapat pada Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX. Materi ini memerlukan perhatian dan keseriusan siswa dalam proses pembelajarannya agar tidak terjadi kesalahan ketika siswa menangkap materi tersebut.

Berdasarkan pengalaman ketika guru memberikan materi ini dengan metode ceramah ternyata respon siswa sangat kurang yang tentunya berakibat pada kurangnya penguasaan materi sehingga dikhawatirkan siswa tidak mampu menerapkan tata cara penyembelihan hewan yang benar menurut agama islam.

Melihat fenomena tersebut maka sebagai guru termotivasi mencari model pembelajaran yang tepat dan sesuai agar motivasi siswa dapat tumbuh. Setelah melalui pemikiran dan evaluasi, kami memutuskan menggunakan media audio visual berupa tayangan video dalam pembelajaran materi ini.

Baca juga:  Puisi dengan Objek Langsung

Menurut KBBI Online, audio adalah bersifat dapat didengar, sedangkan visual adalah bersifat dapat dilihat. Jadi Media audio visual ini tidak hanya melibatkan indera pendengaran saja tetapi juga melibatkan indera penglihatan. Audio visual merujuk kepada penggunaan komponen suara (audio) dan komponen gambar (visual) , dibutuhkan beberapa peralatan untuk dapat menyajikan hal ini. Film dan dan program televisi adalah beberapa contoh dari penyajian audio visual (id.m.wikipedia.org/wiki).

Langkah pembelajaran materi penyembelihan hewan dengan media audio visual ini adalah guru mempersiapkan salah satu video tentang penyembelihan hewan menurut Islam. Sebelum video diputar dengan menggunakan laptop dan LCD, guru terlebih dahulu menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan beberapa instruksi kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa pada saat dan setelah selesai pemutaran video.

Selama kegiatan pembelajaran berlangsung guru mengamati keaktifan dan motivasi siswa. Setelah kegiatan pemutaran video penyembelihan hewan dibuka sesi tanya jawab bagi siswa yang kurang memahami isi video tentang penyembelihan hewan.Dalam sesi tanya jawab, guru dapat memutar ulang video pada bagian yang belum dipahami oleh siswa.

Baca juga:  Hybrid Learning Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa

Berdasarkan pengamatan guru ternyata dengan penggunaan media audio visual terlihat antusias siswa yang tinggi karena di samping mendengarkan mereka dapat pula melihat praktik penyembelihan hewan sehingga siswa tidak sekedar membayangkan dan meraba-raba isi materi tetapi mereka seolah-olah terlibat langsung.

Dengan melihat antusias yang tinggi pada diri siswa maka ketika evaluasi dilaksanakan siswa mampu menerapkaan praktik tata cara penyembelihan hewan dengan benar dan tentu saja hal itu membuat hasil belajar yang siswa raih dapat maksimal. (rn2/zal)

Guru SMPN 2 Ulujami, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya