alexametrics

Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Puisi dengan Media Alam Sekitar

Oleh : Rokhmat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN sastra bahasa Indonesia pada usia anak sekolah dasar tidak mudah yang dibayangkan. Keterampilan membaca,mendengarkan,berbicara,menulis dan berbicara harus dilatih dengan sebaik-baiknya.Seperti halnya keterampilan menulis puisi pemula pada anak sekolah dasar. Karena minimnya kosa kata,belum terbiasa,dan belum berpengalaman menulis, bagi anak merupakan hal yang cukup sulit untuk menuangkan secara baik dalam menulis sebuah puisi.

Apabila seorang pendidik mengalami kesulitan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi dalam kelas, karena siswa belum pernah mencoba menulis, bisa ditanamkan pada diri siswa bahwa menulis puisi itu asyik, mudah dan menyenangkan.

Hilangkan mindset pada siswa bahwa menulis pemula pemula itu sulit.

Apakah dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan media alam sekitar?

Pengertian puisi, secara etimologis,puisi adalah dari kata poites (bahasa Yunani) yang artinya membangun, pembuat atau pembentuk. Dalam bahasa Latin dari kata poeta yang bermakna membangun, menimbulkan ,menyebabkan dan menyair.

Baca juga:  Penanaman Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar dan di Masyarakat

Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat,dan diberi rima dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif). (Herman J.Waluyo;2002:1).

Puisi adalah ekspresi konkrit yang bersifat artistic dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama (Watt – Dutton dalam Situmorang,1980). Dan menurut Aisyah,puisi merupakan penafsiran penyair terhadap kehidupan (2007,:2).

Pengertian alam sekitar. Alam sekitar alam sekitar adalah apapun yang ada disekitar kita atau semua yang melingkungi benda yang ada di alam sekitar ,misalkan pohon, batu, rumput, gunung, sungai dan sebagainya. Alam semesta adalah ruang dimana di dalamnya terdapat kehidupan biotik maupun abiotic serta segala macam peristiwa yang dapat di ungkapkan maupun tidak.

Pembelajaran menulis puisi kepada siswa sebaiknya di awali dengan pengertian puisi, macam-macam puisi, bentuk-bentuk puisi, misalnya puisi lama puisi baru serta beragam penulisan puisi. Siswa diperkenalkan metode-metode menulis puisi, Ada bermacam-macam cara menulis puisi,ada yang mengawali menemukan tema, berangkat dari pengalaman nyata, apa yang dilihat, didengar dan di rasa.

Baca juga:  Tingkatkan Literasi Digital Anak Sekolah Dasar

Ada model-model pembelajaran keterampilan menulis puisi; Mendeskripsikan objek konkret secara emotif. Objek konkret adalah salah satu sumber penulisan keterampilan menulis puisi , objek yang dimaksud adalah termasuk alam semesta sekitar, misalnya sawah, taman, sungai, gunung, kupu-kupu, penjual koran ,anak sekolah, pemulung dan sebagainya. Salah satu di antara caranya dengan cara mendeskripsikan benda di alam sekitar dengan bahasa yang emotif,artinya kata-kata yang mengandung pikiran dan persaan baik negative atau positif yang bersifat subjektif sehingga menciptakan gambaran dalam imajinasi yang merang sang pancaindera.

Misalkan contoh puisi berjudul; Matahari. Muncul dari balik bukit. Menambah indah pemandangan. Matahari membagi cahaya. Kepada mahluk di alam raya.

Baca juga:  Belajar Penerapan Rangkaian Elektronika, Menyenangkan di Rumah Belajar dengan Metode WBL

Mengurai nama diri, Yaitu identitas diri akan kepedulianya nama tersebut ditulis dari atas ke bawah, kemudian kembangkan dengan pengalaman, keadaan dan cita-cita diri; B U D I. Bahagiaku hari ini. Ungkapkan kata hati. Dengan syukur pada Nya. Ilahi ya Rabbi…

Kesimpulan menerapkan metode ini di SDN 1 Palubungan, Purbalingga, yakni Keterampilan menulis puisi itu asyik, mudah dan menyenangkan. Puisi merupakan karya sastra yang dipadatkan, dipersingkat, dengan kata-kata diberi rima dengan bunyi padu dengan memilih kata-kata yang imajinatif.

Meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi dapat dengan media alam sekitar. Pendidik dapat memanfaatkan alam sekitar untuk menemukan kata-kata yang dapat dituangkan dalam bait-bait puisi dengan mendeskripsikan objek konkret menjadi bahasa emotif dan mengurai diri. (pb1/zal)

Guru SDN 1 Palumbungan, Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya