alexametrics

Bangkitkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Privat

Oleh: Eni Prikhatin,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BELAJAR merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Pengertian belajar menurut Oemar Hamalik (2001: 27) adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is defined as the modification or strengthening of behavior through experiencing).

Menurut pengertian ini, belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari itu, yakni mengalami.

Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan pengubahan kelakuanBelajar juga merupakan sesuatu yang dilakukan untuk menguasai hal tertentu sehingga dipertemukan antara guru dan siswa. Sebab interaksi pembelajaran sangat diperlukan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancer.

Guru mudah menyampaikan pembelajaran sesuai target dan siswapun akan lebih mudah menerimanya. Namun di masa pandemi interaksi ini tidak dapat dilakukan karena terganjel aturan.

Baca juga:  Menjadi Guru yang Disukai Peserta Didiknya

Sehingga guru harus mencari trobosan agar pencapaian yang di inginkan pada proses pembelajaran yang dapat mengurangi permasalahan tersebut.

Kami mencoba untuk memunculkan sebuah model pembelajaran privat (Guru langsung berinteraksi dengan anak dengan jumlah yang terbatas dan tempat ayng berbeda-beda.

Bimbingan belajar menurut Abin Syamsuddin Makmun adalah : 1. Bimbingan belajar adalah bantuan kepada individu tertentu agar siswa dapat memecahkan permasalahannya dengan tanggung jawabnya sendiri (pada akhirnya). 2. Bimbingan belajar adalah bantuan itu diharapkan agar individu yang bersangkutan dapat mencapai taraf perkembangan dan kebahagian yang optimal. 3. Bimbingan belajar merupakan suatu proses pengenalan, pemahaman, penerimaan, pengarahan, perwujudan penyesuaian diri.

Merujuk pada kajian teori di atas tentang bimbingan belajar secara individu kami mencoba menyusun langkah-langkah pembelajaran secara privat (idividu).Adapun langkah-langkah tersebut antara lain : 1. Identivikasi permasalahan pembelajaran daring khususnya bagi kelas 1 SD N 2 Bobotsari. .2 Pengelompokkan anak berdasarkan kompleksitas permasalahan yang dihadapi siswa dengan pembelajaran daring. Kompleksitas tersebut antara lain: tidak setiap anak mempunyai HP,tidak semua HP standar pembelajaran,adanya sinyal yang naik turun bahakan kadang menghilang, tidak semua anak memiliki pembimbing secara daring dan masih banyak yang lain. 3 Penentuan Skala prioritas anak yang akan masuk dalam bimbingan pembelajaran privat berdasarkan temuang pada langkah yang kedua.

Baca juga:  Meningkatkan Minat Baca Anak melalui Metode Dongeng

Dengan menitik beratkan anak-anak yang memiliki kompleksitas tinggi. 4 Pelaksanaan bimbingan privat dengan terlebih dahulu menyusun jadwal yang diatur secara shiff di kelompok belajar masing-masing.Pelaksanaan pembelajaran di laksanakan sesuai kebutuhan.

Dengan langkah-langkah pembelajaran di atas yang di lakukan secara privat melalui kelompok belajar pencapaian pembelajaran dapat tercapai dengan Bik dan dengan hasil yang memuaskan. Semoga dengan metode pembelajan privat dapat dijadikan salah satu pilihan selama pandemi atau pun diluar pandemi. (pb1/zal)

Guru SD N 2 Bobotsari.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya