alexametrics

Belajar Kimia Unsur di Masa Pandemi Lebih Menarik dengan Google Sites

Oleh : Budi Swityastuti, S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kimia unsur adalah salah satu materi pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XII MIPA semester ganjil. Kompetensi dasarnya meliputi menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisika dan kimia, manfaat, dan proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, dan alkali tanah).

Di sisi lain peserta didik juga harus dapat menyajikan data hasil penelusuran informasi sifat dan pembuatan unsur-unsur periode 3 dan unsur golongan transisi (periode 4). Sebagian besar peserta didik berpendapat materi kimia unsur terlalu banyak dan kompleks.

Pendapat tersebut didasari karena kimia unsur berkaitan dengan materi di kelas X mengenai, Konfigurasi Elektron, Golongan dan Periode, Sifat Keperiodikan, Tata Nama Unsur, Reaksi kimia, hingga materi kelas XI mengenai Sifat Asam Basa dan Kelarutan.

Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran jarak jauh akan sangat membantu proses pembelajaran (Mona, 2020). Sebagai seorang pendidik harus dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan memiliki kepribadian yang kuat sesuai dengan profesinya. Sehingga mampu memenuhi kebutuhan belajar peserta didik walaupun masa pandemi. Salah satu solusi agar siswa tetap dapat belajar kimia unsur dengan menyenangkan adalah menggunakan teknologi Google Sites untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Baca juga:  Metode STAD Tingkatkan Keterampilan Menghafal Q.S Al-Maun

Google Sites adalah platform milik Google yang memungkinkan kita dapat membuat website yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Karena website disimpan di dunia maya maka dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui komputer maupun handphone.

Berbeda dengan penggunaan situs atau website lain, Google Sites memiliki banyak keunggulan yang menarik untuk dipelajari (Suryanto, 2018). Pertama, Google Sites mudah dibuat dan gratis. Kedua, memungkinkan pengguna berkolaborasi dalam pemanfaatannya. Ketiga, menyediakan 100 MB penyimpanan online gratis. Keempat, dapat ditelusuri menggunakan mesin pencarian google.

Google Sites dalam pembelajaran untuk menampilkan materi, referensi, portofolio peserta didik dan penilaian. Peserta didik tidak perlu mengunduh materi pembelajaran sehingga tidak akan memakan kuota internet dan memori.

Baca juga:  Gerakan Literasi Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi

Disamping itu Google Sites menawarkan fitur-fitur yang menarik untuk menunjang efektivitas pembelajaran supaya peserta didik tidak merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh sangat cocok untuk materi Kimia Unsur yang komplek.

Pemanfaatan Google Sites dalam pembelajaran materi Kimia Unsur adalah guru berkolaborasi dengan peserta didik. Sehingga komunikasi berlangsung dua arah. Guru membuat situs “Belajar Kimia Asyik” yang berisi halaman tentang silabus, video pembelajaran, tugas peserta didik, soal latihan dan penilaian harian.

Pada halaman tugas dibagi ke dalam sub halaman kelas XII MIPA1 dan XII MIPA2. Masing-masing kelas dijadikan beberapa kelompok untuk membuat rangkuman materi (presentasi) yang sesuai dengan IPK dengan tema yang berbeda. Misalnya tentang gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah.

Baca juga:  Home Visit Metode Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi

Setelah tugas tersebut selesai kemudian diungggah ke situs “Belajar Kimia Asyik”, di sini peserta didik diberi kebebasan untuk membuat presentasinya agar menarik sesuai dengan kreativitas mereka.

Situs “Belajar Kimia Asyik” dipublikasikan untuk dijadikan referensi pembelajaran selanjutnya jika ada kesulitan didiskusikan melalui Google Classroom atau grup WA. Guru melakukan evaluasi berupa latihan soal dan penilaian harian dengan permainan Quizizz, dengan demikian peserta didik merasa senang belajar kimia. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar, kehadiran dan saran yang masuk dari peserta didik lewat grup WA.

Pemanfaatan Google Sites untuk pembelajaran Kimia Unsur ini diharapkan dapat mempermudah pemahaman siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. juga menumbuhkan budaya literasi, kerja sama, kreatif dan mandiri. (p8/lis)

Guru Kimia SMAN 8 Purworejo, Kabupaten Purworejo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya