alexametrics

Blended Learning Solusi Pembelajaran saat Pandemi

Oleh : Andika Mardiansah, S.Pd.SD*)

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi membuat membuat berbagai sendi kehidupan mengalami kelumpuhan tak terkecuali sektor Pendidikan. Indonesia sebagai salah satu negara yang awalnya belum siap menghadapi pandemi.

Sejak Maret 2020 proses pembelajaran dihentikan untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Proses pembelajaran menjadi terhenti total tanpa tahu kapan berjalan normal kembali.

Pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif nyatanya membuat guru, siswa, dan orangtua merasa bosan. Kegiatan pembelajaran yang monoton melalui smartphone membuat siswa tidak lagi fokus terhadap materi pembelajaran yang diberikan guru.

Sehingga membuat mereka beralih ke permainan (game) online. Belum lagi besaran biaya yang digunakan untuk membeli kuota internet membuat orangtua yang berpenghasilan pas-pasan merasa meradang.

Hampir setiap hari guru memberikan materi dan tugas melalui berbagai macam aplikasi yang ada di handphone. Lama kelamaan membuat guru jenuh akan proses penilaian yang dilaksanakan setiap saat. Mereka semua rindu akan proses pembelajaran secara langsung guna meningkatkan kemampuan fisik dan daya pikir.

Baca juga:  Pemanfaatan Sudut Baca Tingkatkan Minat Membaca Siswa SD

Menurut Oemar Hamalik pembelajaran merupakan kombinasi yang tertata meliputi segala unsur manusiawi, perlengkapan, fasilitas, prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan dari pembelajaran.

Beliau mengemukakan tiga rumusan yang dianggap penting tentang pembelajaran yaitu: 1) Pembelajaran merupakan upaya dalam mengorganisasikan lingkungan pendidikan untuk menciptakan situasi dan kondisi belajar bagi siswa. 2) Pembelajaran merupakan upaya penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi warga masyarakat yang baik dan diharapkan. 3) Pembelajaran merupakan proses dalam membantu siswa untuk menghadapi kehidupan atau terjun di lingkungan masyarakat.

Sedangkan menurut Syaiful Sagala pembelajaran merupakan membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar oleh peserta didik.

Baca juga:  Dengan KBBI Pembelajaran Lebih Menyenangkan

Dari pendapat dua tokoh di atas dapat disimpulkan keberhasilan proses pembelajaran harus dilaksanakan komunikasi langsung dua arah. Antara guru dengan peserta didik. Untuk menyikapi problematika tersebut salah satu metode pembelajaran yang sangat sesuai dilaksanakan pembelajaran masa pandemi adalah blended learning.

Blended learning merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan kegiatan pembelajaran campuran antara tatap muka dengan tatap maya.

Graham (2005) menjelaskan pengertian blended learning secara sederhana merupakan pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran online dengan pembelajaran secara langsung yakni tatap muka atau face-to-face.

Di Tengah keterbatasan sumber teknologi dan akses internet pembelajaran blended learning sederhana dilaksanakan di SD Negeri 2 Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Yakni dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui berbagai aplikasi di smartphone seperti whatsapp grup, google meet, dan zoom. Sebagai upaya menunjang dan mempertajam materi pelajaran.

Baca juga:  Media Gambar Visual Menarik Siswa Belajar di Masa Covid

Sementara itu kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan adalah dengan cara home visit dan pembelajaran tatap muka terbatas di sekolahan setelah mendapatkan izin.

Dengan model pembelajaran tatap maya dan tatap muka di atas diharapkan semangat belajar siswa tetap terjaga. Dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu kesulitan belajar peserta didik dapat dipecahkan baik berupa kesulitan akademik maupun non akademik.

Siswa merasa lebih senang ketika kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan blended learning. Sehingga diharapkan kemampuan peserta didik lebih maju dan terarah dengan baik. (pb1/fth)

Guru Kelas VA SDN 2 Bobotsari, Kab. Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya