alexametrics

Asyiknya Belajar Poster dengan Aplikasi Canva

Oleh : Mundarini, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dampak perubahan akibat pandemi Covid-19 masih kita rasakan sampai saat ini. Padahal sudah lebih satu tahun pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Keadaan ini telah mengubah semua sistem kehidupan di masyarakat termasuk dalam dunia pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk mengadakan kegiatan pendidikan jarak jauh (PJJ) dan belajar dari rumah (BDR) akhirnya dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Menurut Peraturan Menteri Nomor 7 Tahun 2020, pendidikan jarak jauh adalah proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi. PJJ diselenggarakan dengan bantuan beragam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan menggunakan sumber belajar yang berbasis TIK juga (http://pijarsekolah.id). Media komunikasi yang paling mudah dan efektif saat ini menggunakan telepon seluler.

Dalam Kurikulum 2013 pembelajaran menulis poster terdapat dalam silabus mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP/MTs kelas VIII pada KD 4.4 semester satu. Tujuan dalam menulis poster yaitu peserta didik mampu menyajikan poster dengan memperhatikan cara penulisan dan penggunaan bahasa yang baik dan benar, pemilihan diksi yang tepat sesuai tema yang ditentukan.

Baca juga:  Kartu Menepis Ketidakmampuan Menghafal Aksara Jawa

Selain itu siswa mampu membuat kolerasi yang tepat antara gambar dan kalimat dalam poster. Hasnum (2006:11) mengatakan poster adalah gambar atau tuliasn di atas kertas atau kain yang dipasang di tempat umum berisi pemberitahuan. Menurut Sudjana (2002), poster yang baik harus dinamis, menonjolkan kualitasnya.

Adapun ciri-ciri poster dibuat menggunakan bahasa yang singkat padat dan jelas. Berisi sesuatu yang menarik perhatian orang, memuat komposisi huruf dan gambar, menggunakan perpaduan warna yang kuat dan kontras. Selama pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Srumbung dilakukan secara daring (online) atau belajar dari rumah, media komunikasi yang digunakan adalah telepon seluler (handphone). WhatsApp, Google Class room, internet dengan berbagai sumber seperti YouTube dan beberapa aplikasi yang dapat diunduh di google. Untuk materi poster ini media yang paling efektif adalah menggunakan aplikasi canva.

Baca juga:  Belajar Asyik Teknik Vokal dengan Menyanyikan Lagu Nusantara sebagai Motivasi Belajar Siswa

Canva merupakan aplikasi desain grafis online untuk perangkat desktop atau PC dan android yang mudah digunakan. Meskipun mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi poster lebih menekankan penggunaan bahasa, namun perlu diperhatikan juga komposisi huruf, warna, dan gambar agar poster tersebut menarik dan dinamis.

Pada awalnya siswa diberi tutorial bagaimana mendonwload serta langkah-langkah menggunakan canva melaui YouTube yang disampaikan di google classroom. Di mulai dari membuka canva di desktop, menentukan poster sesuai tema, lalu memilih template untuk menuliskan kalimat serta mendesain jenis font maupun warna dan gambar. Aplikasi canva telah disediakan banyak contoh poster yang bisa dipilih dalam stok disain grafis secara cuma-cuma alias gratis.

Baca juga:  Sensasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi

Sungguh di luar dugaan dari seratus lima puluh lima siswa di SMP Negeri 1 Srumbung pada hari pertama sekitar 81 persen (126 siswa) telah mengirim karya poster dengan penuh kreatif. Imajinasi mereka terbangun dan kemandirian untuk belajar terlaksana secara maksimal.

Mereka hanya mempelajari sendiri melalui YouTube. Ini membuktikan bahwa pembelajaran poster dengan aplikasi canva sungguh menyenangkan dan memberi suatu pengalaman baru bagi peserta didik. Siswa tidak perlu repot mencari kertas gambar dan pewarna, sehingga sangat efektif dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 dengan pembelajaran jarak jauh.

Meskipun kadang terkendala koneksi internet yang tidak stabil, namun penggunanaan aplikasi canva ini banyak memberi keuntungan. Antara lain siswa menjadi lebih mandiri dan kreatif, ramah lingkungan, efisien karena bisa diedit dengan cepat, serta waktunya lebih fleksibel. (ms1/lis)

Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Srumbung, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya