alexametrics

Penggunaan Metode Demontrasi Tingkatkan Keterampilan Service pada Permainan Bola Voli

Oleh : Arifin, S.Pd. Jas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial. Penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga.

Pendidikan jasmani berfungsi sebagai media untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, penalaran, penghayatan nilai (sikap-mental-emosional-spiritual-sosial), dan pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang seimbang (Nurhasan, 2005: 6).

Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, guru diharapkan mengajarkan berbagai keterampilan gerak dasar, teknik dan strategi permainan dan olahraga, internalisasi nilai-nilai (sportivitas, jujur, kerjasama, dan lain-lain) serta pembiasaan pola hidup sehat.

Dalam mencapai tujuan pendidikan jasmani, banyak faktor pendukung yang diperlukan. Antara lain faktor guru sebagai penyampai informasi, siswa sebagai penerima informasi, sarana prasarana, dan juga metode pembelajarannya. Metode yang dipilih dan diperkirakan harus cocok digunakan dalam proses pembelajaran teori atau praktek keterampilan, semata-mata untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran.

Baca juga:  Peranan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PPKn

Proses pembelajaran dapat dikatakan efektif bila perubahan perilaku yang terjadi pada siswa setidak- tidaknya mencapai tingkat optimal. Sikap dan perilaku sehat pada siswa dapat terbentuk dengan meningkatkan partisipasi siswa secara aktif dalam segala bentuk aktivitas olahraga termasuk olahraga permainan seperti permainan bola voli.

Permainan bola voli adalah suatu bagian pendidikan yang sudah tercantum dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ), olahraga ini sangat menarik bagi sekelompok usia muda dan tua. Hal ini mereka mainkan di lapangan terbuka dan tertutup untuk rekreasi juga ajang persaingan.

Permainan bola voli diharapkan memiliki kerja sama, kekompakan dan ketenangan. Hal-hal ini merupakan faktor pendukung yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Adapun beberapa teknik dasar yang yang harus dan mutlak untuk dikuasai yaitu service, pasing bawah, pasing atas, smash, dan juga block.

Baca juga:  Memanfaatkan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar Materi Kerja Sama di Lingkungan Kehidupan

Dalam pembelajaran penjasorkes SMP Negeri 2 Kandangan khususnya materi tehnik dasar service dalam permainan bola voli siswa terlihat kurang menguasai tehnik dasar service dalam permainan bola voli sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Demikian pula siswa kurang memahami teknik dasar service dalam permainan bola voli karena pembelajaran yang dilakukan kurang menarik sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran.

Metode yang paling tepat untuk materi tehnik dasar service dalam permainan bola voli adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi merupakan suatu sumber metode mengajar dimana seorang guru, orang luar atau manusia sumber yang sengaja diminta atau anak menunjukkan kepada kelas suatu benda aslinya, tiruan (wakil dari benda asli) atau suatu proses. Misalnya bagaimana melakukan service pada permainan bola voli, bagaimana cara melakukan smash hasil yang baik dan sebagainya.

Baca juga:  Dukungan Orangtua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar

Metode demonstrasi memberikan kesempatan kepada anak untuk memperkirakan apa yang akan terjadi, bagaimana hal itu dapat terjadi, dan mengapa hal itu terjadi. Manfaat psikologis pedagogis dari metode demonstrasi secara umum adalah perhatian anak dapat lebih dipusatkan, proses belajar anak lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri anak.

Berdasarkan hasil pembelajaran materi bola voli menggunakan metode demonstrasi mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menguasai teknik dasar service dalam permainan bola voli dengan benar dan melatih siswa untuk meningkatkan kerja sama dalam pembelajaran. (mn1/lis)

Guru PJOK SMPN 2 Kandangan, Kabupaten Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya