alexametrics

Belajar Penjasorkes Dinamis dan Interaktif dengan Sway

Oleh: Samsul Arifin, S.Pd.Jas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA masa pandemi Covid-19 setiap sekolah wajib melaksanakan kebijakan pemerintah yaitu melakukan proses pembelajaran jarak jauh guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Sekolah. Proses Pendidikan yang dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak jauh ternyata membawa beberapa masalah baik bagi siswa ataupun guru.

Dari sisi guru, Materi sering tidak bisa tersampaikan dengan baik, terlebih materi yang sifatnya praktik. Salah satunya adalah Penjasorkes. Siswa banyak merasakan kesulitan memahami materi dikarena awalnya Guru hanya memberikan tugas untuk dikerjakan tanpa memberikan materi yang bisa mereka pelajari dengan disertai contoh visual yang menarik, Ini berdampak pada motivasi belajar siswa yang juga berdampak pada prestasi belajar siswa.

Pengertian motivasi belajar menurut Sardiman (2006:73) adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai.

Baca juga:  Perlunya Penekanan Pendidikan Karakter di Awal Pembelajaran Tatap Muka

Dalam mata pelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 2 Pringsurat kabupaten Temanggung pada rombel kelas IX Semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 terlihat juga fenomena menurunnya motivasi belajar siswa dikarenakan masalah diatas. Siswa sering tidak mengirimkan tugas online dengan alasan tidak memahami materi dengan baik. Menurut Suryabrata (1989:142), faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar digolongkan menjadi tiga, yaitu: faktor dari dalam, faktor dari luar, dan faktor instrument. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mapel praktik harus kreatif dalam proses pembelajaran.

Menurut Azhar Arsyad (2015:3) Media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Menurut Hamalik (2015:19) Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Baca juga:  Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Ice Breaking

Berdasarkan permasalahan diatas, Guru Penjasorkes SMP Negeri 2 Pringsurat mencoba menggunakan media Sway dalam memberikan materi terhadap siswa. Sway merupakan aplikasi dari Microsoft Office yang merupakan alat presentasi berbasis internet dengan berbagai fitur. Sway presentasi dapat menggabungkan Teks Gambar, Video dan suara, Sway juga merupakan salah satu bentuk multimodal teks yang dapat dikombinasikan dengan gambar.

Dalam pelaksanaannya penulis terlebih dahulu menyiapkan materi yang diambil dari buku diktat PJOK kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 Kabupaten Temanggung tentang KD 3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional, Setelah itu kemudian guru memasukkan materi tersebut dalam aplikasi sway sesuai dengan KD. Kemudian menyematkan link video Youtube yang juga sesuai dengan materi. Untuk memantau pemahaman siswa terhadap materi yang sudah diberikan guru juga menyematkan soal yang disusun dalam google Form kedalam aplikasi Sway. Materi yang sudah tersusun dalam aplikasi Sway kemudian dikirim ke WAgrup kelas PJOK.

Baca juga:  Tingkatkan Speaking Siswa melalui Story Retelling

Dari evaluasi guru, setelah siswa diberikan materi dengan menggunakan aplikasi Sway, siswa terlihat antusias dan selalu menyelesaikan tugas yang diberikan. Siswa juga merasa lebih mudah mempelajari materi praktik yang ada dalam pelajaran Penjasorkes. Karena sway ini mampu menampilkan gambar-gambar, video, teks yang dapat dianimasikan, maka dapat menambah motivasi siswa juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara dinamis dan interaktif . Dari hasil ini penerapan media pembelajaran dengan Sway menjadi salah satu solusi baik untuk bisa diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran materi praktik di masa Pandemi Covid-19. (fkp1/zal)

Guru SMPN 2 Pringsurat, Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya