alexametrics

Implementasi Esinau pada Penilaian Akhir Semester Gasal

Oleh: Imam Toifur, S.Si.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DESEMBER ini hampir semua jenjang sekolah melaksanakan Penilaian Akhir Semester. Di saat pandemi Covid-19 yang belum berakhir sekolah dituntut untuk menggelar evaluasi secara menyeluruh, transparan, dan terukur. Implementasi penilaian dapat dilakukan secara luring, daring, maupun gabungan keduanya. Untuk penilaian moda daring dibutuhkan suatu platform yang mudah digunakan, aman, mobile friendly, dan fleksibel. Salah satu platform yang populer di dunia saat ini adalah Moodle.

Moodle (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy (https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle).

Tak mau ketinggalan, SMA Negeri 1 Salaman juga mengembangkan Learning Management System (LMS) dengan nama Esinau yang berbasis Moodle. Bagi institusi pendidikan, memiliki aplikasi LMS adalah suatu keharusan karena aplikasi ini dapat mengelola seluruh manajemen kelas, seperti peserta didik, guru, materi, absensi, ujian dan penilaian. Langkah awal dalam menerapkan LMS Moodle adalah menyiapkan komputer server berbasis Linux dengan spesifikasi yang cukup memadai dan jaringan internet dengan bandwith yang besar.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan dengan Bunga Karsum

Aplikasi Moodle sendiri adalah aplikasi open source dan gratis. Sehingga sekolah bisa mengustomisasi tampilan sesuai keinginan dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pengembangan. Langkah berikutnya adalah menginstall aplikasi Moodle pada komputer server dan menggunakan domain sekolah untuk bisa mengakses aplikasi ini. Oleh Tim TIK sekolah, aplikasi dikembangkan menjadi LMS Esinau yang siap digunakan.

Untuk menunjang kegiatan evaluasi khususnya Penilaian Akhir Semester, setiap guru menyiapkan perangkat evaluasi. Di LMS Esinau bentuk soal bisa berupa pilihan ganda, uraian singkat, benar-salah, menjodohkan, dan sebagainya. Untuk menyusun naskah soal bisa langsung di LMS Esinau juga bisa diimpor dari file dalam berbagai format. Aplikasi yang bisa digunakan dalam penyusunan naskah soal adalah ExamView. Di ExamView soal bisa dibuat langsung atau diimpor dari file atau dokumen lainnya.

Baca juga:  Belajar IPS Lebih Mudah dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing

Setelah naskah soal diimpor di LMS Esinau, perlu dibuat pengaturan untuk soal tersebut. Pengaturan pertama adalah waktu pelaksanaan evaluasi, yang bisa disesuaikan jadwalnya untuk hari, tanggal, jam dan menitnya termasuk durasi waktu pengerjaan soal. Kedua, pengaturan berapa kali soal tersebut bisa dikerjakan oleh peserta didik. Ketiga, yaitu pengaturan untuk menampilkan skor atau tidak. Keempat, pengaturan untuk melihat progres pengerjaan soal oleh peserta didik.

Untuk daftar hadir bisa menggunakan yang sudah ada di LMS Esinau maupun menambahkan link. Di evaluasi kali ini, ditambah link aplikasi Zoho yang memungkinkan adanya dokumen foto dan tanda tangan peserta didik.

Pada saat pelaksanaan Penilaian Akhir Semester guru dapat memantau peserta didik yang sudah masuk ke Esinau, berapa yang sudah mulai mengerjakan, berapa yang sudah selesai mengerjakan soal. Pemantauan bisa dilakukan secara klasikal maupun individual. Untuk pemantauan secara individu, bisa dilihat dalam kurun waktu tertentu berapa soal yang sudah dijawab dan berapa durasi pengerjaan tiap soal. Untuk peserta didik, pengerjaan soal bisa menggunakan komputer, tablet, laptop maupun smartphone dan tidak perlu menggunakan aplikasi tertentu. Jika pengerjaan soal sudah selesai, guru bisa langsung melihat skor yang diperoleh peserta didik. Hasil pengerjaan dapat diunduh dalam format Excel untuk memudahkan dalam membuat analisis nilai.

Baca juga:  Google Classroom Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Jarak Jauh

Dengan LMS Esinau guru dimudahkan dalam pemantauan dan tindak lanjut, sedangkan peserta didik dimudahkan dalam proses pengerjaan soal. Jadi LMS Esinau memudahkan sekolah dalam penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester. (nov1/zal)

Guru SMAN 1 Salaman, Kab. Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya