alexametrics

Quizziz, Tingkatkan Motivasi Belajar Daring

Oleh : Tri Mei Kristyani, S.Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sejak Covid-19 masuk ke Indonesia, bulan Maret 2020, dan menjadi pandemi, pemerintah mengumumkan bahwa kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dihentikan dan digantikan kegiatan pembelajaran secara daring. Berdasarkan KBBI, pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas.

Menurut pasal 1 UU RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan jarak jauh (daring) adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain.

Kegiatan belajar daring dengan kondisi pendidik dan peserta didik yang terpisah bukan hal yang mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi siswa maupun guru. Salah satunya kendala yang dihadapi di kelas VI SD Negeri Danurejo, Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2021/2022 adalah menurunnya motivasi belajar siswa sehingga menurun pula nilai akademisnya.

Baca juga:  Tingkatkan Keterampilan Menulis Siswa dengan Media Audiovisual

Menurut sardiman (2008:73), motivasi merupakan daya penggerak dari dalam untuk melakukan kegiatan agar mencapai tujuan. Apabila dari dalam diri siswa tidak ada keinginan untuk melakukan aktivitas belajar, tentu saja tujuan belajar tidak dapat dicapai. Penurunan motivasi belajar siswa ini dapat dilihat dari persentase siswa yang mengerjakan tugas setiap harinya.

Dari 24 siswa yang selalu rajin mengumpulkan tugas turun menjadi 18 siswa, terjadi penurunan hingga 25 persen. Selain siswa sudah merasa jenuh karena hampir 2 tahun harus belajar sendiri di rumah, juga dikarenakan siswa tidak mendapatkan penjelasan dari guru, cenderung hanya diberi tugas. Sehingga siswa merasa kegiatan belajar tidak menarik, muncul rasa malas mengerjakan tugas. Apabila hal ini berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu yang relatif lama, maka dikhawatirkan akan terjadi lost learning.

Baca juga:  Surat Kabar Online Tingkatkan Kompetensi Reading Siswa

Peran guru yang kreatif untuk membuat pembelajaran daring yang menarik agar siswa tidak bosan sangat diperlukan. Banyak aplikasi menarik yang dapat digunakan. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi quizizz.

Quizizz merupakan sebuah web tool, yang dapat digunakan untuk menampilkan presentasi materi pelajaran serta permainan kuis interaktif. Dengan menggunakan aplikasi quizizz ini, guru akan memberikan paparan presentasi materi pelajaran terlebih dahulu. Kemudian setelah siswa selesai memahami materi paparan akan dibagikan soal evaluasi melalui game interaktif quizizz.

Fitur aplikasi ini memiliki kelebihan di antaranya terdapat report berupa data statistik untuk mengetahui jumlah soal yang dapat terjawab dengan benar atau salah, soal yang sulit atau mudah bagi siswa. Di akhir pengerjaan, siswa dapat langsung mengetahui skor perolehan, sehingga membantu guru untuk melakukan kegiatan tindak lanjut perbaikan ataupun pengayaan.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Matematika melalui RME

Siswa dapat mengerjakan kuis secara berulang selama waktu yang ditentukan belum habis. Apabila salah dalam menjawab, quizizz juga dapat disetting mengulang jawaban sebanyak 3 kali. Quiz ini juga disertai backsound dan anime yang menarik. Karena belajar daring merupakan pembelajaran berbasis android, maka dengan menggunakan aplikasi quizizz ini bisa dikerjakan siswa di manapun mereka berada.

Dengan menggunakan aplikasi quizizz ini, kegiatan belajar daring di masa pandemi akan terasa menyenangkan bagi siswa. Siswa tidak merasa bosan, bahkan banyak siswa yang meminta izin untuk mengulang memainkan game tersebut. Apabila semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran daring dapat dipertahankan maka prestasi siswapun juga semakin meningkat. (mn1/lis)

Guru SDN Danurejo 1, Mertoyudan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya