alexametrics

Pembelajaran Gelombang Mekanik dengan Lectora Inspire

Oleh: Sobri, S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Diantaranya pendidik, fasilitas atau sarana dan prasarana, lingkungan belajar, kurikulum yang digunakan, serta dari peserta didik.

Salah satu faktor yang berasal dari peserta didik adalah motivasi untuk belajar dan keinginan mengikuti proses pembelajaran.

Menurut Mc. Donald (Sardiman) motivasi merupakan perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Sehingga dapat diketahui bahwa motivasi merupakan aspek yang penting agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.

Faktor lain adalah fasilitas atau sarana dan prasarana. Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk fasilitas sekolah yang digunakan untuk membuat proses pembelajaran.

Perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi berpengaruh terhadap media pembelajaran. Sekaligus merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Menjadi tantangan yang harus dihadapi semua manusia termasuk pendidik dan peserta didik.

Baca juga:  Model Belajar Inkuiri Sukses Membangkitkan Semangat Belajar Siswa

Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan sangat menguntungkan. Baik bagi pendidik maupun peserta didik. Perkembangan teknologi memberikan dampak yang positif bagi proses pembelajaran.

Sebab pembelajaran bakal menjadi lebih menarik, mudah dilakukan. Teknologi juga memudahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Petarukan, media pembelajaran yang digunakan adalah buku paket dan LKS.

Pembelajaran yang dilakukan menunjukkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran fisika materi gelombang mekanik tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari sebagian peserta didik yang tidak menghiraukan pembelajaran yang disampaikan pendidik.

Termasuk berdiskusi. Sehingga proses pembelajaran berlangsung searah dari pendidik. Terlebih lagi peserta didik menganggap bahwa materi gelombang mekanik termasuk materi yang sulit.

Baca juga:  Balajar Membaca dan Menulis Bilangan Menggunakan Kantong Sedotan

Kondisi ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Maka perlu menerapkan suatu media pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Salah satu media yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik adalah Lectora Inspire.

Lectora inspire merupakan media interaktif yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Karena dapat dengan mudah digunakan pendidik serta terjadi interaktif dengan peserta didik. Lectora inspire digunakan untuk kebutuhan pembelajaran baik secara online maupun offline. Dapat dibuat dengan cepat dan mudah.

Lectora inspire menyediakan template yang siap digunakan untuk memasukkan materi pembelajaran. Selain itu di dalamnya sudah terdapat banyak gambar, animasi, karakter animasi yang dapat kita gunakan secara langsung. Untuk media pembelajaran yang lengkap lectora inspire juga menyediakan 8 tipe pertanyaan yang mudah diterapkan disertai skor akhir evaluasi.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narative Bahasa Inggris

Setelah pembuatan media pembelajaran selesai, konten yang dikembangkan dapat dipublikasikan ke berbagai output. Seperti HTML, single file executable (.exe), CD- ROM, maupun standar e-learning seperti SCORM dan AICC. Saat pembelajaran dengan Lectora inspire memerlukan media pendukung yakni LCD dan proyektor.

Banyak materi gelombang mekanik yang harus divisualisasikan dan disimulasikan. Sehingga penggunaan media lectora inspire menjadi salah satu pilihan media pembelajaran yang tepat.

Dengan menggunakan berbagai fitur yang ada materi gelombang mekanik dapat divisualisasikan dan simulasikan dengan baik. Hal ini membuat motivasi dan penguasaan materi peserta didik meningkat.

Akhirnya tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai sesuai dengan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). (bk2/fth)

Guru SMA Negeri 1 Petarukan, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya