alexametrics

Blanded Learning tanpa Tatap Muka

Oleh: Drs. H. Hartono

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID-Di saat pandemi Covid-19 ini, seolah pembelajaran mengharuskan online atau daring. Pendidik mencari berbagai cara agar tetap bisa melakukan pembelajaran dengan siswanya walau berada di rumah masing-masing.

Penulis adalah salah satu guru Fisika di SMA Negeri 1 Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Penulis pada tahun pelajaran 2019/2020 semester genap melakukan pembelajaran online di kelas XI MIPA 5. Pada pembelajaran daring kali ini membahas materi Pemanasan Global dengan model pembelajaran blanded learning tanpa tatap muka.

Blanded learning yaitu sebuah kemudahan dalam pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara guru dan siswa. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh penulis menggunakan model blanded learning dengan media WhatsApp atau WA, Portal Rumah Belajar, serta menggunakan Google form untuk media evaluasi. Sedangkan sumber belajarnya yaitu fitur-fitur sumber belajar pada Portal Rumah Belajar dan buku fisika kelas XI.

Apa itu Portal Rumah Belajar? Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antarkomunitas. Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dengan Rumah Belajar kita bisa belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat dimanfaatkan secara gratis. Fitur utama  yang ada di Rumah Belajar di antaranya Sumber Belajar, Kelas Maya, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Sedangkan fitur pendukungnya terdiri atas Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Seni, serta Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Baca juga:  Lingkungan sebagai Inspirasi Belajar

Tahapan pembelajaran dengan model blanded learning yang dilakukan penulis terdiri atas: pertama, tahap persiapan. Persiapan dilakukan satu hari sebelum pembelajaran dilaksanakan. Yang pertama dilakukan yaitu memastikan bahwa guru dalam hal ini adalah penulis telah masuk dalam Group WA siswa kelas XI MIPA 5. Yang kedua, guru menginformasikan kepada siswa melalui WA bahwa pembelajaran fisika akan memanfaatkan Portal Rumah Belajar. Untuk itu, siswa yang belum mempunyai akun Portal Rumah Belajar agar mendaftar dengan alamat https://belajar.kemdikbud.gi.id dan juga guru mengirim video cara mendaftar Portal Rumah Belajar agar siswa tidak kesulitan.

Kedua, tahap pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan model blended learning yang dilaksanakan oleh penulis terdiri atas empat langkah.

Langkah pertama, Pencarian Informasi. Melalui group WA, guru memberi semangat belajar kepada siswa meski dalam kondisi  pandemi Covid-19, dan guru mengingatkan kepada siswa agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, serta selalu mengikuti protokol kesehatan. Kemudian guru menyampaikan informasi melalui group WA tersebut bahwa materi pembelajaran yang akan dipelajari, yaitu Pemanasan Global. Guru juga  menyampaikan tujuan pembelajaran. Setelah itu, guru menginstruksikan kepada siswa untuk membuka Portal Rumah Belajar dan masuk ke fitur sumber belajar mencari konten web pemanasan global.

Baca juga:  Metode Dikte Tingkatkan Keterampilan Menulis di Kelas Rendah

Selain membuka Portal Rumah Belajar, siswa juga dipersilakan untuk membuka buku pelajaran fisika. Pada kegiatan ini, siswa melakukan literasi untuk belajar dan mencari informasi secara mandiri. Pada literasi ini, siswa diberi waktu kira-kira 20 menit. Di sini siswa memperoleh kebebasan untuk mempelajari materi. Sumber belajar di Portal Rumah Belajar ini bisa dibaca berulang-ulang, dan juga bisa mencoba latihan mengerjakan soal evaluasi yang ada.

Langkah kedua, Elaborasi Informasi. Pada kegiatan ini, siswa kembali lagi ke group WA untuk berdiskusi dengan temannya  tentang apa yang telah dipelajari dari Portal Rumah Belajar, di sini guru berperan sebagai motivator dan fasilitator. Siswa bertanya, mengemukakan pendapatnya melalui WA, siswa yang lain menanggapi ataupun menjawab pertanyaan juga melalui WA.

Langkah ketiga, Penyimpulan Informasi. Pada kegiatan ini guru menginformasikam agar siswa bisa menyimpulkan hasil belajarnya dan diunggah ke group WA agar teman-temannya menyetujui atau menambah penjelasan.  Pada sesi ini, ada salah satu siswa yang mengunggah hasil diskusi ke group WA, sedangkan siswa lainnya ada yang memberi komentar bagus, memberi gambar jempol, dan lainnya tanda kesimpulannya disetujui. Kemudian guru menginformasikan agar mencoba mengerjakan latihan soal yang ada di web tersebut, atau bisa mencoba mencari latihan yang ada pada fitur Bank Soal.

Langkah keempat, Evaluasi. Setelah mempelajari materi Pemanasan Global melalui kegiatan mandiri dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar, diskusi dan penyimpulan, kegiatan berikutnya yaitu pelaksanaan evaluasi. Namun pelaksanaan evaluasi dilaksanakan pada waktu lain ketika ada lagi jam pembelajaran Fisika. Pada kegiatan ini evaliasi ini guru memberi soal evaluasi secara online, dengan cara guru mengirim tautan atau link soal yang menggunakan atau memanfaatkan google form. Yang digunakan penulis dalam evaluasi tersebut yaitu http://gg.gg/ixqfj.

 

Baca juga:  Pengembangan LKPD untuk Melatih Kemandirian Belajar Matematika

Kendala Pelaksanaan

Pada pembelajaran Fisika dengan memanfatkan Portal Rumah Belajar secara daring ini, penulis mengharapkan bahwa seluruh siswa kelas XI MIPA 5 bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, dan bisa mengakses Portal Rumah Belajar. Namun kenyataan di lapangan ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam membuka Portal Rumah Belajar. Dari beberapa siswa itu, ternyata permasalahannya berbeda-beda. Ada siswa yang mengalami kegagalan masuk Portal Rumah Belajar karena sinyal tidak stabil atau bahkan tidak ada sinyal. Ada siswa yang gagal masuk, karena gagal login.

Untuk siswa yang mengalami kendala gagal masuk Portal Rumah Belajar, maka siswa tersebut diinformasikan agar belajar seperti biasa, yaitu mempelajar materi Pemanasan Global yang sumber belajarnya buku siswa yang dimiliki ataupun mencari materi pelajaran di internet.

Demikian pengalaman penulis dalam melaksanakan tugas sebagai guru di masa pandemi Coid-19 ini. Semoga tulisan yang sederhana ini bisa menjadi salah satu alternatif cara pembelajaran daring dan menjadikan semangat bagi rekan guru untuk melaksanakan pembelajaran secara online. Berikut ini link YouTube testimoni siswa kelas XI MIPA 5 dalam pemanfaatan Portal Rumah Belajar. https://youtu.be/k7a2VUL2y8E. (*/web/aro)

Guru Fisika SMA Negeri 1 Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya