alexametrics

Belajar Menulis Descriptive text Menggunakan Media Magic Card

Oleh Yeni Miladiani, SS

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar bahasa Inggris berarti belajar empat keterampilan berbahasa. Yaitu reading (membaca), writing (menulis), speaking (berbicara), dan listening (mendengarkan). Semuanya memerlukan latihan, semuanya saling berkaitan. Tarigan (2008:15) menyatakan bahwa menulis adalah kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai.

Dalam materi bahasa Inggris kelas X, terdapat materi tentang descriptive text, yaitu jenis teks yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam menggambarkan benda, tempat, manusia, hewan dan lain sebagainya.

Descriptive text adalah sebuah teks bahasa Inggris untuk menggambarkan seperti apa benda atau mahluk hidup yang kita deskripsikan, baik secara kenampakan, bau, suara, atau tekstur dari benda atau makhluk hidup tersebut.

Tujuan komunikatif dari descriptive text adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari benda, tempat, atau mahluk tertentu secara umum, tanpa adanya riset atau penelitian secara mendalam dan menyuluruh.

Baca juga:  Belajar IPA dengan Dear Tuan Santak Lebih Asyik

Siswa kelas X SMAN 1 Wiradesa menganggap keterampilan menulis descriptive text dalam bahasa Inggris sulit sekali. Hal ini disebabkan ada beberapa aspek kebahasaan (misalnya pemakaian kosakata yang tepat, tata bahasa yang baik dan benar, penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar) yang harus dikuasai siswa apabila ingin terampil menulis teks berbahasa Inggris. Seringkali siswa bingung karena tidak ada ide yang akan ditulis. Sehingga diperlukan adanya media belajar.

Ardiani (2008) menyatakan manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa, sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien menjadikan bahan yang sifatnya abstrak menjadi lebih konkret agar media dipahami dan tidak mudah dilupakan.

Baca juga:  Peranan Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Pendidikan Kejuruan

Menurut Bahri (2006:124) dilihat dari jenisnya, media pembelajaran terbagi menjadi tiga. Yakni media auditif yaitu media yang hanya mengandalkam kemampuan suara saja, seperti radio, kaset, CD. Kemudian media visual yaitu media yang hanya menggandalkan indra penglihatan.

Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam, gambar bergerak, foto, lukisan, dan alat peraga. Lalu media audiovisual yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar.

Dalam materi descriptive text ini, jenis media yang difokuskan adalah jenis media visual berupa kartu ajaib (magic card). Magic card merupakan sebuah media pembelajara yang terbuat dari selembar kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang, pada karton terebut terdapat gambar yang disajikan dengan tampilan yang menarik dan unik, di setiap kartu terdapat gambar yang berbeda. Gambar tersebut menunjukkan gambar benda atau orang atau tempat.

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Kuis (Cerdas Cermat)

Bila tampilan yang menarik dan unik tersebut dibuka di dalamnya akan tampak sebuah gambar yang akan digunakan siswa sebagai media untuk membuat descriptive text. Di situlah letak keajaiban kartu tersebut.

Sehingga setelah menerima, membuka dan mencermati kartu tersebut siswa akan merasa senang, lebih bersemangat dan mudah menuangkan ide-idenya menjadi sebuah descriptive text.

Kualitas pembelajaran pun meningkat, terlihat dari adanya rasa senang, semangat dan motivasi siswa dalam keterampilan menulis descriptive text dengan menggunakan media magic card. Guru juga bisa tampil lebih percaya diri karena bisa membuat situasi kelas menjadi lebih menyenangkan, bersemangat dan termotivasi. (bk2/lis)

Guru Bahasa Inggris di SMAN 1 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya