alexametrics

Media Pembelajaran Differensiasi Berbasis ICT

Oleh: Linatul Fitriyah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BERDASARKAN UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen pada pasal 10 ayat 1 menyatakan bahwa” Kompetensi guru sebagaimana dimakdud dalam pasal 8 meliputi kopetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Kompetensi pedagogic adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengebangan peserta dididk untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Kemampuan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran yang meliputi memahami landasan pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai dan materi ajar, serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.

Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus mengembangkan rancangan pembelajaran dengan menggunakan media yang manipulative variatif agar siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran diferensiasi adalah pembelajaran yang memberikan keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut.

Baca juga:  Digital Parenting Perkuat Pendidikan Karakter di Era Digital Learning

Pembelajaran diferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten atau materi. Agar pembelajaran berfokus pada proses dan konten atau materi, guru perlu menggunakan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology). Hal ini penulis terapkan di SD Negeri Margosono, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang.

Macam-macam media pembelajaran berbasis ICT yakni: Pertama, teknologi komputer disebut sebagai computer assisted instructional atau CAI, yakni salah satu pembelajaran yang menggunakan media komputer sebagai media interaktif. Penggunaannya dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, di antaranya program computer assisted learning, konferensi komputer, dan multimedia. Kedua, teknologi multimedia adalah kamera digital, kamera video, pemutar suara, pemutar video dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Bangkitkan Motivasi Belajar dalam Memahami Materi dengan Bergambar

Pembelajaran ini sering diartikan sebagai gabungan dari banyak media untuk menghasilkan suatu karya berbentuk video maupun audio. Ketiga, teknologi komunikasi baru tersebut juga turut berperan menjadi alat pembelajaran interaktif bagi gutu dan siswa. Pemberian tugas berupa video maupun audio bisa memanfaatkan media sosial seperti Youtube dan Instragram untuk menunjang kemampuan kreativitas para siswa.

Keempat, teknologi jaringan komputer terdiri atas perangkat keras dan lunak. Contoh perangkat keras yakni LAN, internet, wifi, dan lain-lain. Sedangkan perangkat lunak atau aplikasi jaringannya yaitu web, email,html java, php dan aplikasi basis data lainnya.

Proses belajar mengajar seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan luar pengalaman siswa sehari-hari, sehingga materi ini menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Berbagai materi yang berkaitan dengan sejarah masa lalu akan lebih kongkrit dan mudah dipahami apabila disampaikan oleh guru dengan gambar-gambar foto, film dikumenter, atau animasi. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak menjadi media pembelajaran berbasis IT.

Baca juga:  Tumbuhkan Motivasi Belajar IPS dengan PBL

Media pembelajaran ICT yaitu media pembelajaran yang terdiri dari perangkat keras dan lunak serta segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan data, baik manipulasi, pengambilan, pengumpulan (aquisisi) pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi/data dengan menggunakan komputer dan telekomunikasi. Macam-macam media pembelajaran berbasis ICT tersebut di antaranya teknologi komputer, multimedia, telekomunikasi dan tegnologi jaringan komputer.

Fungsi ICT dalam media pembelajaran adalah sebagai alat bantu dalam media pembelajaran, sarana/tempat belajar, sebagai sumber belajar, dan sebagai sarana peningkatan profesionalisme tewrdapat banyak model pengembangan media berbasis ICT yang dapat dipilih. Diperlukan niat dan kesungguhan agar dapat mengembangkan pembelajaran ini dengan maksimal. (fkp1/zal)

Guru SDN Margosono, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya