alexametrics

Peningkatan Belajar Siswa dengan Mind Mapping

Oleh : Dra. Herlina

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran PPKn di sekolah bertujuan mengembangkan kecerdasan warga negara dalam dimensi spiritual, rasional, emosional dan sosial. Mengembangkan tanggung jawab sebagai warga negara, serta anak didik berpartisipasi sebagai warga negara supaya menjadi warga negara yang baik.

Mengingat pentingnya pelajaran PPKn di sekolah, maka dalam pelaksanaannya diperlukan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat optimal.

Namun, pada kenyataannya pembelajaran PPKn selama ini lebih menekankan pada hafalan materi, konsep, tanggal-tanggal penting dan nama-nama tokoh. Permasalahan ini sering guru jumpai dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Wiradesa bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru atau masih menggunakan model konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif.

Selain itu, guru jarang menggunakan media pembelajaran serta belum pernah menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga suasana pembelajaran menjadi membosankan.

Hal ini berdampak pada rendahnya aktifitas belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang efektif, menarik, serta dapat membantu mengembangkan potensi siswa sehingga hasil belajarnya dapat optimal.

Baca juga:  Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model STAD

Kondisi di atas menuntut inovasi guru yang dinilai sangat efektif. Untuk itu, dilakukan masalah yang perlu dipecahkan sebagai prioritas utama dalam pemahaman sesuai masalahnya, sehingga ditetapkan masalah yang akan dipecahkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dengan menerapkan metode diskusi dengan berbantuan media mind mapping (pemetaan pikiran).

Seorang ahli bernama Tony Buzan, sebagaimana dikutip menyebutkan bahwa mind mapping atau pemetaan pikiran adalah mengembangkan proses berpikir sehingga dari yang awalnya satu arah kemudian menjadi segala arah.

Metode untuk memaksimalkan potensi pikiran. Sliberman bahwa mind mapping merupakan sebuah tata cara seseorang dalam berpikir yang disampaikan secara kreatif guna menghasilkan ide-ide yang dapat diterapkan dari hal yang sedang dipelajari, mencatat sebuah pelajaran, atau cara kreatif dalam merencanakan sebuah penelitian baru.

Baca juga:  Mudahnya Menulis Teks Recount Menggunakan Mind Mapping

Menggunakan model diskusi berbantuan dengan media mind map dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan siswa tidak merasa bosan karena proses pembelajarannya dapat berjalan menyenangkan dan tidak membosankan.

Dalam mata pelajaran PPKn ada materi-materi bagi siswa membosankan bahkan tidak menarik sama sekali untuk mempelajarinya. Terutama materi-materi yang bersifat hafalan.

Materi kompetensi dasar hukum dan peradilan pada mata pelajaran PPKn kelas X1 semester satu menuntut siswa untuk bisa menyampaikan gagasan, konsep, mempresentasikan di depan kelas. Bahkan bisa beragumentasi menurut cara pandang mereka untuk berdiskusi.

Metode mind mapping diterapkan dengan ditandai sebagai berikut: pada aspek siswa mempresentasikan hasil diskusi hampir sebagian besar siswa sudah dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dengan menghasilkan suatu konsep mind mapping.

Siswa sudah dapat menjelaskan materi pelajaran dengan sangat baik. Bahkan diskusi dalam kelaspun terasa hidup, sebab masing-masing siswa berani berpendapat dan menyampaikan idenya kepada teman dari kelompok lain.

Baca juga:  Mind Mapping Tumbuhkan Sikap Kerja Sama

Metode diskusi berbantuan media mind map dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, sebab disamping siswa belajar materi pelajaran, siswa juga secara tidak langsung diajarkan cara meringkas materi pelajaran dengan menulis pokok-pokok pikirannya saja sehingga dapat menghemat waktu mengulang pelajaran di kemudian hari.

Metode pembelajaran mind mapping membebaskan setiap siswa berkreasi untuk membuat peta pikirannya sendiri. Hal ini tentu akan sangat menarik bagi siswa sehingga siswa dapat lebih fokus pada materi pelajaran.

Mind map juga mengupayakan seorang siswa mampu menggali ide-ide kreatif dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga pembelajaran yang dilakukan akan menjadi lebih hidup, variatif, dan membiasakan siswa memecahkan permasalahan dengan cara memaksimalkan daya pikir, kreativitas dan aktifitas siswa. (bk1/lis)

Guru PPKn SMAN 1 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya