alexametrics

Belajar Sebaran Flora dan Fauna Menyenangkan dengan Joyfull Learning

Oleh : Teresia Widyastuti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar secara umum dapat diartikan sebagai proses perubahan perilaku akibat interaksi individu dengan lingkungan. Perubahan perilaku ini merupakan hasil belajar yang mencakup ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik (Bloom, dkk).

Hasil belajar itu diperoleh dari interaksi siswa dengan lingkungan yang sengaja direncanakan guru dalam perbuatan mengajarnya. Mengajar tidak sekadar menyampaikan materi. Tetapi seluruh kegiatan dan tindakan yang diupayakan oleh guru untuk terjadinya proses belajar sesuai tujuan yang telah dirumuskan.

Sejak kasus positif Covid-19 semakin menyebar, pembelajaran tatap muka di sekolah tidak diperkenankan. Diganti dengan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring mengalami beberapa kendala yaitu sinyal, membosankan dan peserta didik kurang memahami materi.

Hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Srumbung selama daring masih rendah karena sebagian besar peserta didik menganggap mata pelajaran IPS itu pelajaran yang memerlukan memori otak untuk menghafal karena mencakup geografi, ekonomi,sejarah dan sosiologi.

Guru harus mendesain pembelajaran agar menyenangkan dan mampu mencapai tujuan. Sesuai UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 pasal 40 ayat 2 menyatakan, “Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis.” Selain itu juga ditegaskan dalam PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 19 ayat 1 yang berisi : Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara inspiratif, interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpastisipasi aktif, memberikan ruang gerak yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai bakat, minat,dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik (Depdiknas,2003).

Baca juga:  Media Video Dokumenter Tingkatkan Pemahaman Konsep Kewargaan Digital

Mulai Oktober 2021 di SMP Negeri 1 Srumbung diadakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pada mata pelajaran IPS kelas VII untuk materi Sebaran Flora dan Fauna Indonesia digunakan metode joyfull learning atau pembelajaran menyenangkan.

Menurut E. Mulyana (2006:191-194) pembelajaran menyenangkan (joyfull learning) merupakan proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat kohesi yang kuat antara pendidik dan peserta didik, tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan. Dengan joyfull learning dapat mengembangkan keterampilan dan pemahaman peserta didik, dengan penekanan pada belajar sambil bekerja (learning by doing).

Untuk pembelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Srumbung dengan materi sebaran flora dan fauna Indonesia yang menyenangkan digunakan kertas origami enam warna yaitu merah, kuning, hijau, biru, pink, dan oranye.

Baca juga:  Belajar Matematika dengan Bingkai 10 Siswa Kelas I SD

Langkah-langkah pembelajaran joyfull learning sebagai berikut : pertama, kertas origami warna merah ditulisi flora Indonesia bagian barat, warna kuning untuk flora Indonesia bagian timur.

Warna hijau untuk flora Indonesia bagian tengah, warna biru untuk fauna Indonesia bagian barat, warna pink untuk fauna Indonesia bagian timur dan warna oranye untuk fauna Indonesia bagian tengah. Kedua, peserta didik disuruh menulis nama, nomor absen, kelas, materi serta tanggal di kertas putih.

Ketiga, peserta didik menulis nomor satu sampai sepuluh urut ke bawah untuk menulis jawaban. Cara bermainnya adalah guru memberi pertanyaan flora dan fauna Indonesia bagian barat, timur maupun tengah maka peserta didik mengibarkan salah satu kertas origami warna yang sudah ditulisi sesuai ketentuan.

Baca juga:  Mind Mapping Upaya Peningkatan Pembelajaran Daring Mapel PPKn

Setelah hitungan satu, dua, tiga baru boleh mengibarkan kertas tetapi tidak boleh terlambat. Bagi yang terlambat pada nomor soal tersebut harus berani menulis salah atau silang. Untuk jawaban yang betul langsung ditulis betul atau centang, peserta didik harus berani jujur.

Dengan pembelajaran joyfull learning peserta didik merasa senang, tidak tertekan, dan tidak bosan. Mereka berlomba-lomba menjawab pertanyaan guru dengan cara mengibarkan kertas origami warna dengan semangat.

Joyfull learning memberikan makna yang berkesan bagi peserta didik dan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik untuk materi flora dan fauna Indonesia sehingga hasil pembelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 1 Srumbung meningkat.

Untuk pembelajaran model ini tepat pada saat pembelajaran tatap muka terbatas karena peserta didik tetap duduk di tempat masing-masing sehingga tidak berkerumun, tetap menjaga protokol kesehatan. (mn1/lis)

Guru SMPN 1 Srumbung, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya