alexametrics

Kombinasi Sway dan WA Grup Pembelajaran PJOK lebih Efektif

Oleh: Endang Utari, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, METODE Pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan.

Metode pembelajaran ini sangat penting di lakukan agar proses belajar mengajar tersebut nampak menyenangkan dan tidak membuat para siswa tersebut suntuk, dan juga para siswa tersebut dapat menangkap ilmu dari tenaga pendidik tersebut dengan mudah.

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ,pembelajaran yang sangat ditunggu – tunggu oleh siswa,Karena pembelajaran PJOK dilaksanakan diluar kelas dengan demikian siswa bisa bergerak bebas tanpa mengurangi tata tertib yang ditetapkan selama pembelajaran diluar kelas.

Dengan adanya Pandemi Covid-19 mengharuskan guru melaksanakan WFH (Work From Home) dalam mengajar. Pada pembelajaran daring ini kami akan membagikan pengalaman yang sudah kami lakukan.

Khususnya di mata pelajaran PJOK SDN Candimulyo 2 Kecamatan Candimulyo, menggunakan aplikasi sway untuk menjelaskan materi dan via WA grup untuk mengirim hasil tugas. Kedua aplikasi ini sederhana dan mudah dalam penggunaannya. Kegiatan pembelajaran ini kami berikan di semua kelas mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Sway adalah aplikasi baru dari Microsoft Office yang memudahkan penggunanya membuat dan berbagi laporan, kisah pribadi, dan presentasi yang interaktif, serta banyak hal lainnya. Dengan Sway, tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pemformatan. Mesin desain bawaan akan membantu menyempurnakan hasil kreasi yang sudah dibuat.

Baca juga:  Pemanfaatan Google Form dalam Pembelajaran PJOK

Jika desain awal tidak sesuai dengan selera atau suasana hati, kita dapat dengan mudah menerapkan desain lain atau sepenuhnya mengubah tata letak sesuai keinginan.

Sangat mudah untuk berbagi Sway yang sudah selesai dibuat. Siapapun dapat melihat hasil kreasi kita berupa materi pelajaran baik berupa file word, excel, powerpoint di Web tanpa perlu mendaftar, masuk, atau mengunduh apa pun.

Kita juga dapat mengubah pengaturan privasi untuk semua Sway jika ingin lebih mengontrol hal yang dibagikan.Selama pembelajaran daring, guru dituntut untuk lebih berinovasi dalam memunculkan cara-cara yang dapat menarik minat anak untuk tetap belajar, baik pemberian LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), maupun video pembelajaran yang dibuat semenarik mungkin.

Memang membutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk mempertahankan KBM agar tetap berjalan. Dan teknologi Sway ini sangat membantu menurutku untuk menyampaikan LKPD dan video yang sudah ku buat.

Baca juga:  Permainan Gambar Berputar Tingkatkan Pemahaman dan Keaktifan Siswa

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh teknologi Microsoft Sway, dan tentunya didukung oleh paket data bagi penggunanya aku rasa sudah cukup membantu dan memudahkan bagi guru dan murid dalam menyampaikan materi dan menerima materi pelajaran.

Dimana saja dan kapan saja sasaran penerima materi pelajaran baik orang tua murid dan murid bisa dengan mudah membuka materi pelajaran,cukup membuka link yang sudah dikirim oleh guru via whatsapp.

Dalam menggunakan Sway guru bisa mengirimkan form absen, video pembelajaran, pesan suara, dengan desain yang menarik bagi murid (https://guraru.org/guru-berbagi/peran-dan-fungsi-teknologi-microsoft-sway-dalam-mendukung-proses-pembelajaran-bdr-belajar-dari-rumah-selama-new-normal/ didownload hari rabu 1 Desember 2021 jam 16.17).

Sway juga merupakan salah satu aplikasi Microsoft office 365 yang memudahkan pengguna sebagai laporan,kisah pribadi dan presentasi yang interaktif serta banyak fungsi lainnya.Dengan demikian di sway guru dapat mempresentasikan video sebagai pendukung pembelajaran.

Video diambil dari youtube atau sumber lainnya,bahkan bisa membuat sendiri sesuai kebutuhan dan keinginan. Selanjutnya guru bisa memberikan penjelasan materi secara tertulis dengan aplikasi tersebut.

Melalui sway pembelajaran dimulai dari siswa menyimak video tanpa teks sampai materi selesai,dan guru menanyakan pada siswa apa saja hasil yang mereka simak dan dengarkan di isi materi yang ada divideo tersebut.

Baca juga:  Menceritakan Gambar Berseri dengan Pertanyaan Terbimbing

Video bisa diputar beberapa kali. Setelah siswa menyimak video, siswa mengerjakan lembar tugas yang ada di sway yang terdiri dari :tugas pengetahuan (tertulis) dan tugas ketrampilan(praktik).

Hasil tugas pengetahuan dan ketrampilan tersebut dikirim lewat WA grup dalam bentuk video /foto, hasil tugas lewat masing-masing WA Grup kelas,tugas dikirim paling lambat 5 hari sebelum ada pelajaran hari berikutnya.

Setelah siswa mengirim tugas guru mengoreksi dan memberi pujian kepada siswa yang mengirim tugas paling cepat dengan memberi tambahan nilai atau pujian,tujuannya agar semua siswa bersemangat untuk cepat cepat mengirim tugas sebelum batas akhir pengiriman, dan yang mengirim tugas paling akhir sampai habis batas waktu, akan diberi peringatan, yang bisa menimbulkan kesadaran dalam hati siswa untuk tidak mengulangi keterlambatan dalam pengiriman tugas lagi.

Dengan demikian tampa disadari siswa sangat bersemangat dan berantusias untuk mengirim tugas secara tertib,sehingga proses pembelajaran menjadi efektif dengan tidak menumpuk numpuk pekerjaan,dan akan selesai dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. (mn1/zal)

Guru SDN Candimulyo 2, Kab. Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya