alexametrics

Asyiknya Belajar Nilai-Nilai Pancasila

Oleh: Anik Nurbiyanti S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEBAGAI ideologi bangsa, Pancasila terdiri dari seperangkat nilai dan norma yang seyogyanya terinternalisasi dalam diri setiap rakyat Indonesia. Ya, Pancasila adalah ruh yang menggerakkan aktivitas keseharian bangsa. Karena itulah pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari menjadi sebuah urgensi. Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Bangsa Indonesia sebaiknya diperkenalkan kepada siswa sejak dini.

Menurut Notonagaro (1967) menyatakan bahwa lima unsur yang terdapat dalam Pancasila bukanlah hal yang baru dalam pembentukan Negara Indonesia, melainkan sudah ada sebelumnya dan selamanya telah dimiliki oleh rakyat serta Bangsa Indonesia yang mana ada dan hidup dalam jiwa masyarakat.

Oleh karena itu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila wajib untuk diperkenalkan dan dilestarikan kepada siswa salah satunya siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan 2 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang melalui pembelajaran tematik yaitu tema 1 muatan pelajaran PKn KD 3.1 mengidentifikasi nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Melatih Perkembangan Kognitif Anak melalui Dongeng

Tujuan pembelajaran ini selain siswa dituntut dapat mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila, diharapkan siswa mampu mensyukuri keberadaannya sehingga siswa mudah mengamalkan serta menerapkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat.

Berdasarkan pengalaman pembelajaran PKn tahun sebelumnya yang dilaksanakan ternyata sebagian besar siswa belum bisa mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. Hal tersebut terlihat dari hasil penugasan serta penilaian yang telah dilaksanakan penulis .

Kondisi ini terjadi dikarenakan faktor siswa sebagai objek pembelajaran maupun guru sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran. Untuk melatih siswa dalam mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari maka diperlukan model pembelajaran yang serasi, sehingga dapat dijadikan faktor pendukung terwujudnya tujuan pembelajaran .

Baca juga:  Atasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Layanan Konseling Kelompok

Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran kali ini adalah model inquiry learning.

Menurut Carin dan Sund dalam Ahmad (2005) menyatakan bahwa inquiry merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa guna mencari dan menyelidiki masalah secara sistematis, kritis, logis serta analisis sehingga siswa dapat merumuskan sendiri perumusan mereka dengan rasa percaya diri.

Adapun peran guru dalam pembelajaran yaitu mempersiapkan materi pengantar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, kemudian membimbing siswa menemukan jawaban yang tepat dalam mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar. Selain itu, guru juga menyiapkan lembar kerja siswa untuk memudahkan siswa dalam menyusun rancangan yang akan siswa rumuskan.

Baca juga:  Metode Drill Tingkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung

Adapun hal-hal yang harus dilakukan siswa adalah memahami materi pengantar yang disampaikan oleh guru diawal pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan membuat rancangan rumusan nilai-nilai Pancasila dilingkungan sekitarnya.

Model inqury learnimg ini terbukti cukup efektif dalam pelaksanaan pembelajaran selama pandemic covid 19 dan hasil yang dicapai cukup maksimal. Berdasarkan hasil rancangan yang telah dirumuskan siswa dalam lembar kerja siswa setelah dikoreksi memperlihatkan bahwa hasil rumusan yang disusun telah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang sudah dijelaskan di materi pengantar.

Melalui rumusan yang telah disusun oleh siswa secara inquiry tersebut menjadi salah satu upaya untuk memperkenalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan siswa. Setelah mengenali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa dapat mensyukuri keberadaanya dan siswa dapat mengamalkannya. (mn1/zal)

Guru SDN Pasuruhan 2 Kab. Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya