alexametrics

Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Media Gambar Slide Show

Oleh : Eka Riswanto, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID. Di era yang serba digital seperti sekarang ini mau tidak mau menuntut pengajar untuk memutar otak supaya bisa memanfaatkan segala media yang ada demi tercapainya pembelajaran yang diinginkan. Menurut Sungkono dkk (2003:1), bahan pembelajaran adalah seperangkat bahan yang memuat materi atau isi pembelajaran yang “didesain” untuk mencapai tujuan pembelajaran. Suatu bahan pembelajaran memuat materi, pesan atau isi mata pelajaran yang berupa ide, fakta, konsep, prinsip, kaidah, atau teori yang tercakup dalam mata pelajaran sesuai disiplin ilmu serta informasi lain dalam pembelajaran.

Menurut Mudhofir (1987:30) pada garis besarnya ada empat pola pembelajaran. Pertama, pola pembelajaran guru dengan siswa tanpa menggunakan alat bantu/bahan pembelajaran dalam bentuk alat peraga. Pola pembelajaran ini sangat tergantung pada kemampuan guru dalam mengingat bahan pembelajaran dan menyampaikan bahan tersebut secara lisan kepada siswa. Kedua, pola (guru + alat Bantu) dengan siswa. Pada Pola pembelajaran ini guru sudah dibantu oleh berbagai bahan pembelajaran yang disebut alat peraga pembelajaran dalam menjelaskan dan meragakan suatu pesan yang bersifat abstrak. Ketiga, pola (guru) + (media) dengan siswa. Pola pembelajaran ini sudah mempertimbangankan keterbatasan guru, yang tidak mungkin menjadi satu-satunya sumber belajar. Keempat, pola media dengan siswa atau pola pembelajaran jarak jauh menggunakan media atau bahan pembelajaran yang disiapkan.

Baca juga:  Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Mengunjungi Situs Budaya Lokal

Menurut Mukminan untuk mengembangkan media pembelajaran perlu diperhatikan prinsip VISUALS, yang dapat digambarkan sebagai singkatan dari kata-kata, visible : mudah dilihat, interesting : menarik, simple : sederhana, useful : isinya berguna/bermanfaat, accurate : benar (dapat dipertanggungjawabkan), legitimate: masuk akal/sah, structured : terstruktur/tersusun dengan baik.

Untuk mengatasi kejenuhan atau meningkatkan kembali semangat belajar siswa di SDN 01 Pantirejo kecamatan. Kesesi, kabupaten Pekalongan penulis mencoba menerapkan pembelajaran dengan media gambar slide show dengan program microsoft power point. Hujair AH. Sanaky (2009:127-128) mengemukakan bahwa media power point adalah program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi dibawah microsoft office program komputer dan tampilan ke layar menggunakan bantuan LCD proyektor.

Baca juga:  Mabar Berpoint Tingkatkan Minat dan Motivasi Belajar Tematik

Metode pembelajaran dengan media slide show adalah menyampaikan materi pembelajaran dengan tambahan animasi dan diproyeksikan melalui bantuan LCD proyektor, Microsoft powerpoint adalah salah satu contoh program yang bisa digunakan sebagai penerapan media gambar slide show. Dengan program ini kita bisa membuat materi pembelajaran yang menarik dengan adanya tambahan animasi.

Bagaimana penerapan media pembelajaran slide show ini? Langkah awal yang penulis lakukan adalah menentukan tema pembelajaran yang akan dibahas, kemudian pada program microsoft powerpoint kita gabungkan antara tulisan dan animasi agar bahan ajar menjadi menarik, setelah kita atur durasi masing-masing slide kemudian kita simpan dan bahan ajar siap digunakan. Untuk penyampaian materi kepada siswa kita membutuhkan poyektor agar tampilan gambar terlihat lebih besar dan siswa dapat melihat lebih jelas isi materi pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Sistem Tata Surya Menyenangkan melalui Bermain Peran

Setelah menggunakan media gambar slide show ini ada progres positif yang penulis rasakan dari sebelumnya. Dari penulis sendiri dapat menggali pengetahuan dari pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran sedangkan dari siswa dirasakan ada peningkatan minat belajar, mereka lebih antusia dalam menerima materi pembelajaran bahkan kadang kita mengalami over time saking semangatnya siswa dalam menerima pembelajaran.

Dengan adanya media slide show siswa menjadi lebih paham dan lebih fokus dalam menerima materi pembelajaran yang diberikan. Media slide show juga bisa dikatakan sebagai penyemangat siswa setelah sekian lama melakukan pembelajaran daring dan baru merasakan tatap muka setelah adanya pandemi covid 19. (ms1/ton)

Guru SDN 01 Pantirejo, Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya