alexametrics

Asyik Belajar Regular dan Irregular Verbs dengan Verb Flash Card

Oleh : Yozi Marlinda, S. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID. Pentingnya mata pelajaran bahasa Inggris bagi siswa mengharuskan guru untuk selalu menciptakan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Agar siswa tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Pelajaran bahasa Inggris masih dianggap mata pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa. Sehingga guru harus mampu untuk mengajarkan bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, bukan dengan cara yang monoton dan membosankan.

Dengan pembelajaran yang menyenangkan, diharapkan bahasa Inggris bukan lagi menjadi mata pelajaran yang tidak disukai siswa.

Salah satu tantangan bagi penulis sebagai guru bahasa Inggris di SMP N 2 Candiroto Satu Atap adalah mengajarkan perubahan bentuk kata kerja atau disebut verbs dalam bahasa Inggris.

Perubahan bentuk kata kerja tersebut dibagi menjadi dua yaitu regular verbs dan irregular verbs. Regular verbs adalah kata kerja yang perubahannya mudah diprediksi karena hanya menambahkan akhiran -d, -ed, atau -ied misalnya watch menjadi watched (bentuk Past Simple dan Past Participle-nya sama atau verb 2 dan verb 3-nya sama). Sedangkan irregular verb adalah kata kerja yang tidak mengikuti aturan biasa yang dipakai pada regular verb, karena itu disebut sebagai kata kerja tidak beraturan dalam bahasa Inggris.

Baca juga:  Kombinasi Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi

Bahkan terdapat beberapa kata kerja yang memiliki kesamaan antara verb 1, verb 2 hingga verb 3-nya (https://bahasainggris.pro/kata-kerja-dalam-bahasa-inggris/irregular-verb diakses 06/12/2021).

Perubahan kata kerja irregular verbs itu tidak mudah diprediksi sehingga siswa kesulitan untuk menghafalkan perubahan tersebut.

Hal inilah yang mendorong penulis untuk menggunakan verbs flash cards untuk membantu siswa dalam menghafal bentuk-bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris tersebut. Verb flash cards ini merupakan sebuah alat pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu bagi siswa SMP N 2 Candiroto Satu Atap untuk menghafal bentuk-bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris.

Verb atau kata kerja adalah kata yang menunjukkan makna aktivitas dan kondisi atau keadaan (https://englishplusplus.id/verb/ diakses 06/12/2021).
Bentuk-bentuk kata kerja yang dimaksud adalah bentuk infinitive, past tense, dan past participle yang muncul dalam kalimat present tense, past tense maupun perfect tense.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount melalui Metode PaP

Flash card termasuk salah satu sarana yang ampuh untuk mengatasi kebosanan siswa dalam mempelajari irregular verb. Seperti yang dikemukakan Suryana (2000:24), flash card merupakan salah satu bentuk permainan edukatif berupa kartu-kartu yang memuat gambar dan kata yang sengaja dirancang oleh doman untuk meningkatkan berbagai aspek. Di antaranya, mengembangkan daya ingat, melatih kemandirian dan meningkatkan jumlah kosakata.

Sebelum membuat verb flash cards, penulis membuat rancangan atau desain alat peraganya terlebih dahulu untuk memudahkan pengerjaan. Penulis memilih kata-kata kerja populer yang akan digunakan dalam alat peraga tersebut. Memanfaatkan juga bahan-bahan bekas seperti kertas yang tidak terpakai lagi untuk membuat alat peraga tersebut.

Awalnya guru menempelkan semua verb flash cards di tabel kata kerja di papan tulis. Tabel tersebut dibagi 2 bagian, yaitu tabel untuk regular verbs (kata kerja beraturan) dan irregular verbs (kata kerja tak beraturan). Masing-masing tabel mempunyai 4 kolom, yaitu kolom infinitive (verb 1), past tense (verb 2), past participle (verb 3), dan arti (meaning). Kemudian guru memandu dan meminta siswa untuk membaca secara bersama-sama verb flash cards yang ada di papan tulis sambil melepas beberapa verb flash cards. Siswa diminta untuk terus melanjutkan membaca, walaupun verb flash cards sudah dilepas.

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Quizizz di Tengah Pandemi Covid-19

Tersisa hanya beberapa verb flash cards di papan tulis. Guru membagi verb flash cards kepada siswa untuk ditempelkan di papan stereofoam. Siswa diminta untuk menempelkan kembali verb flash cards yang sudah dilepas secara bergantian. Guru mengoreksi pekerjaan siswa dan memberikan umpan balik.
Setelah siswa kelas SMPN 2 Candiroto Satu Atap mengikuti pembelajaran dengan menggunakan verb flash cards, hasil belajar siswa meningkat. Suasana kelas pun lebih hidup dan gembira serta proses belajar mengajar berlangsung efektif. (ms1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Candiroto Satu Atap, Kab. Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya