alexametrics

Asyik Belajar Hikayat lewat Fitur Reels Instagram

Oleh : Lutvia Tristian Sridiantika, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID. Masa pandemi menuntut guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas materi pembelajaran. Begitu pula dengan pembelajaran bahasa Indonesia kelas X untuk materi menemukan nilai hikayat. Menurut Suherli, dkk, hikayat adalah cerita Melayu klasik yang menonjolkan unsur penceritaan berciri kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya.

Hikayat dikenal sebagai salah satu karya satra lama yang memuat nilai-nilai luhur dan juga kebajikan. Salah satu ciri hikayat adalah sering menggunakan bahasa arkais (istilah masa lampau). Hal inilah yang sering membuat siswa malas dan abai untuk membaca sebuah hikayat.

Dengan berbekal permasalahan di atas maka dibutuhkan sebuah pembelajaran yang asik dan juga menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar hikayat. Hal ini sejalan dengan pendapat Kusnandar, dalam artikelnya yang dimuat dalam pusdatin.kemdikbud.go.id. Dikatakan jika pandemi telah mengubah cara pandang guru terhadap proses pembelajaran. Hasil bintek guru inovatif tahun 2020 menunjukkan berbagai ragam cara digunakan oleh guru untuk menciptakan inovasi pendidikan. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan peran media sosial.

Baca juga:  Penerapan Sastra Cerita Fabel melalui Boneka Kertas

Reels Instagram adalah sebuah fitur dalam platform Instagram yang memfasilitasi pembuatan video pendek dengan durasi 15 detik dengan pilihan audio, efek dan tools kreatif lainnya. Hal ini sangat menarik terutama jika mempertimbangkan karakter siswa kelas X baik MIPA maupun IPS di SMA Negeri 1 Wiradesa yang memiliki kreativitas yang tinggi terutama untuk pembuatan video-video semacam ini.

Awalnya penulis menentukan bahan bacaan hikayat yang akan dijadikan sebagai bahan presentasi. Adapun hikayat yang ditentukan adalah hikayat “Bayan Budiman”. Hikayat ini terdiri dari delapan bab, yang tiap babnya berisi kisah-kisah berbeda yang sebetulnya menjalin sebuah rangkaian cerita utama. Bentuk semacam ini dikenal dengan istilah cerita berangkai.
Setiap siswa diminta untuk memilih bab yang mereka sukai, untuk kemudian membaca, dan juga memahami nilai-nilai apa yang terkandung dalam cerita tersebut.

Baca juga:  Menonton Tayangan Film Memudahkan Siswa Menulis Cerpen

Nilai tersebut kemudian dicatat untuk kemudian dipresentasikan melalui video pendek yang dibuat dengan media reels Instagram. Siswa bebas berkreasi dengan menambahkan fitur musik, tools, maupun stiker yang membuat presentasinya menarik. Tugas ini penulis jadikan sebagai tugas individu bukan sebagai tugas kelompok. Tujuannya agar penulis juga dapat memantau sejauh mana perkembangan sosial para siswa melalui Instagram mereka.

Sekali dayung dua tiga pulai terlampaui. Memotivasi siswa untuk mau belajar hikayat dan juga memantau perkembangan sosial siswa. Itulah tujuan utama pemanfaatan reels di Instagram. Di era pandemi ini, banyak siswa yang terkesan gabut dan juga mager. Apalagi pembelajaran jarak jauh memberikan akses untuk bermain hp dengan durasi layar yang cukup panjang. Ketika siswa jenuh maka media sosial menjadi salah satu pilihan yang mengasyikan untuk mengusir rasa bosan.

Baca juga:  Menentukan FPB dan KPK Lebih Mudah dengan Menempelkan Gambar

Dengan pertimbangan karakter siswa di SMA Negeri 1 Wiradesa, maka materi hikayat yang terkesan old school, menjadi menarik ketika nilai-nilai dalam hikayat di-blending dengan fitur reels Instagram. Siswa begitu antusias ketika nilai-nilai yang mereka ambil dari kisah “Bayan Budiman” dipresentasikan melalui reels Instagram.

Mereka bebas berekspresi untuk menyampaikan nilai-nilai hikayat tentunya dengan tetap memperhatikan etika sopan santun yang ditetapkan oleh penulis. Hasilnya hampir seluruh siswa antusias dan mengumpulkan tugas ini. Video pendek yang mereka buat di reels Instagram sangat beragam dan juga menarik. Guru asyik siswa pun kreatif. (bk1/lis)

Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya