alexametrics

Caption by Whats App Story

Oleh : TRININGSIH, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar Bahasa inggris sangat penting untuk Pendidikan dan masa depan. Sebab, merupakan Bahasa internasional yang sering digunakan di berbagai negara.

Perkembangan teknologi berdampak langsung terutama bagi generasi muda. Salah satunya adanya adalah media sosial. Media sosial dapat diakses dengan mudah melalui smartphone atau telepon.

Platform medsos sangat banyak jenisnya. Seperti Facebook, twitter, Instagram, snapchat, whatsapp. Ini membuktikan media sosial dibutuhkan oleh para pengguna smartphone di era global ( Culandari, 2008).

Setiap platform media sosial mempunyai fungsi yang hampir sama namun memiliki keunggulan masing-masing. Iswah (2011) menjelaskan media sosial pada umumnya digunakan pengguna internet (internet user) sebagai sarana menjalin komunikasi kepada pengguna lain dalam bentuk postingan atau konten – konten berbagi yang dibagikan oleh pemilik akun media sosial. Konten tersebut dapat berupa video, foto, e-book dan lainnya.

Pada pembelajaran Bahasa inggris SMA kelas XII terdapat materi Caption. Dalam materi tersebut siswa diharapkan mampu menulis Caption teks (teks penyerta gambar) dan mengembangkan ide atau gagasan mereka. Berdasarkan gambar dan menjelaskan melalui suatu informasi.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Merespon Makna pada Pembelajaran Reading melalui Chopping Down

Penjelasan tentang teks penyerta gambar/ caption diketahui sebagai teks singkat yang muncul dibawah gambar (L. Graham, 2010). Menurut Cambridge Academic Content Dictionary, Caption is brief text over or under a picture in a book, magazine, or newspaper that describes the picture or explains what the people in it are doing or saying. Artinya caption adalah teks singkat diatas atau dibawah gambar di buku, majalah atau koran yang mendeskripsikan gambar atau menjelaskan apa yang dilakukan atau dikatakan orang di dalamnya.

Dalam pembelajaran Bahasa inggris di SMA N 1 Kesesi kelas XII IPS 3 materi caption mengalami kesulitan karena dilakukan daring. Untuk mempermudah pembelajaran memanfaatkan penggunaan media sosial yaitu Whatsapp (Status Whatsapp). Karena whatsapp/status whatsapp merupakan salah satu media sosial yang memungkinkan untuk bertukar pesan tanpa harus membayar.

Baca juga:  Peran Pembelajaran Sastra dalam Pendidikan Karakter di Sekolah

Selain itu whatsapp merupakan aplikasi Platform yang mudah , gampang, dan hampir semua siswa menggunakan. Untuk berbagi foto, gambar, dan video. Sebagian siswa mengupload foto, gambar dan video tentu ada caption bahkan ada juga yang menuliskan No caption.

Materi Caption bertujuan untuk membuat dan menulis teks penyerta gambar/ caption dengan baik, untuk mendapatkan perhatian dari pembaca. Menurut l Graham (2010) kriteria caption baik antara lain; secara jelas menjelaskan gambar namun tidak dengan tidak dengan penjelasan rinci, secara praktis menjelaskan gambar tanpa kerancauan informasi, menggunakan kata/ kalimat singkat, memberikan konteks sesuai gambar, dan memberikan gambaran yang jelas bagi para pembaca.

Ada beberapa Langkah yang harus dilakukan. Pertama, guru memberikan informasi kalau no Hp semua siswa akan disimpan dan sebaliknya/ semua siswa kelas XII IPS 3 menyimpan no Hp guru Bahasa inggris. Kedua, guru mengupload gambar beserta Caption pada WA Story. Ketiga siswa diminta untuk menanggapi caption dengan kalimat sederhana dengan Bahasa inggris. Keempat, siswa diminta untuk membuat WA Story mereka sendiri disertai caption dengan Bahasa inggris dengan tema lucu tanpa bullying.

Baca juga:  Mind Mapping, Belajar Stoikiometri Kimia lebih Berwarna

Setelah diterapkan dan diamati WA Story siswa kelas XII IPS 3 SMAN 1 Kesesi bisa didapatkan kesimpulan. Yakni pembelajaran materi teks penyerta gambar atau caption yang selama ini dianggap sulit menjadi hal yang menyenangkan.

Terutama dengan media Whatsapp mereka tertantang menggunakan WA Story berbahasa inggris. Sehingga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan menambah kosakata/vocabulary serta tata Bahasa yang baik dan benar. Keberhasilan pembelajaran menggunakan aplikasi Whats App ini bisa dilanjutkan untuk kelas yang lain. (bk2/fth)

Guru SMA N 1 Kesesi, Kec. Kesesi, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya