alexametrics

Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Snowball Throwing pada Materi Daur Hidup Hewan

Oleh : Siti Mundrikah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Daur Hidup Hewan adalah materi IPA yang diajarkan di kelas IV semester 2 pada Tema 6 Cita-Citaku Sub Tema 1 Aku dan Cita-Citaku. Selama ini siswa kurang semangat dalam proses belajar di kelas dikarenakan kurangnya minat belajar siswa terhadap materi daur hidup hewan.

Akibatnya pencapaian hasil belajar siswa jauh dari apa yang diharapkan oleh guru. Salah satu sebab rendahnya pencapaian hasil belajar siswa dikarenakan proses belajar masih menggunakan metode ceramah saja atau pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) sehingga membuat siswa menjadi jenuh dan akhirnya minat belajar siswa menurun.

Tujuan pembelajaran dengan model kooperatif tipe snowball throwing adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Gandu dan juga untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi Daur Hidup Hewan.

Baca juga:  Serunya Permainan Jual Beli dalam Menanamkan Konsep Hitung Bilangan Bulat

Kooperatif Tipe Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan keterampilan membuat dan menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju (www.rijal09.com).

Bola salju dapat diartikan sebagai model pembelajaran dengan menggunakan bola pertanyaan dari kertas yang digulung bulat berbentuk bola kenudian dilemparkan secara bergiliran di antara sesama kelompok.

Memulai pembelajaran IPA tentang Daur Hidup Hewan dengan metode kooperatif tipe snowball throwing guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan menunjuk satu siswa untuk menjadi ketua dalam setiap kelompok tersebut. Kemudian guru memanggil masing-masing ketua kelompok untuk menerima penjelasan tentang materi Daur Hidup Hewan.

Baca juga:  Peningkatan Minat Baca Siswa SD melalui Classroom Reading Program

Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya untuk memberikan penjelasan tentang materi yang telah disampaikan oleh guru kepada teman kelompoknya. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang terkait dengan materi Daur Hidup Hewan, kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lain.

Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan, siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut selama 5 menit, setelah itu bola pertanyaan dilempar kembali kepada siswa lain untuk melengkapi jawaban tersebut.

Setelah semua siswa mendapat giliran untuk menjawab bola pertanyaan saatnya guru memberikan kesimpulan dari materi Daur Hidup Hewan dan memberikan penguatan dari bola-bola pertanyaan dari siswa.

Baca juga:  Math Game Tingkatkan Pemahaman Tentang Pecahan Senilai

Pembelajaran IPA dengan materi Daur Hidup Hewan dengan model kooperatif tipe snowball throwing sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Gandu.Suasana kelas sangat ramai dan menyenangkan sehingga proses belajar berlangsung dengan efektif. (ti2/ton)

Guru SDN 02 Gandu Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya