alexametrics

Efektifitas WhatsApp Auto Respon dalam Penilaian Harian Bahasa Inggris

Oleh : Windarti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sudah setahun masa pandemi berlangsung dan pembelajaran terpaksa dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang berarti pelaksanaan pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka atau di ruang kelas.

Pembelajaran online atau penilaian online mempunyai banyak alternatif untuk dilakukan menggunakan berbagai aplikasi seperti edmodo, google form dan lain-lain. Begitu juga belajar online, tugas online, ulangan online juga dapat menggunakan whatsapp auto respon atau auto reply atau jawab otomatis tentunya akan lebih mempermudah guru dan siswa dalam menerapkan ujian online menggunakan whatsApp auto respon (Nanang Sriyadi, How to Make an Online Exam, https://youtu.be/vDTUivo8LQw, 2020)

Demikian halnya dengan pembelajaran dan penilaian harian materi bahasa Inggris yang dilaksanakan secara konvensional tentusaja akan membosankan siswa dan kurang menarik minat untuk belajar dan mengumpulkan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan bapak/Ibu guru.

Melihat kondisi yang seperti itu maka penulis sebagai guru bahasa Inggris di SMP N 3 Tirto mencoba untuk menyampaikan materi pembelajaran maupun penilaian yang bisa dilaksanakan menggunakan media internet dengan metode yang sesuai dengan arahan Mendikbud. Yaitu yang tidak memberatkan siswa dan orangtua di rumah dengan mencoba menggunakan aplikasi whatsApp auto untuk penilaian mapel bahasa Inggris. WhatsApp auto adalah aplikasi yang terdapat di WA yang berfungsi untuk menjawab pesan secara otomatis. Seiring dengan semakin pesatnya pengguna media sosial seperti twitter, instagram dan aplikasi chatting seperti Whatsapp.

Baca juga:  Asyiknya Pembelajaran Siamedi Tingkatkan Ilham

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Daring, Auto serupa dengan Oto yang memiliki arti kereta yang dijalankan dengan motor (mesin); mobil; otomobil. “Auto” termasuk kata benda dalam bahasa Inggris yang artinya otomatis atau bisa melakukan sesuatu sendiri tanpa adanya perintah. WhatsApp Auto adalah fitur autoreply atau membalas pesan Whatsapp secara otomatis. Aplikasi ini mudah dilakukan siswa dan orang tua juga bisa mendampingi putra putri mereka dengan mudah.

Langkah-langkah penilaian yang dilakukan dengan aplikasi whatsapp auto adalah: Pertama, guru membuat soal sesuai materi yang diajarkan dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal dengan option A sampai D pada google spread sheet di kolom A dan B, yang sebelumnya dengan membuka google drive terlebih dahulu. Kolom A berfungsi sebagai respon, berupa pesan yang diketik oleh siswa melalui Whatsapp dan kolom B berfungsi sebagai petunjuk yang berupa penjelasan dan perintah –perintah yang disiapkan. Kedua, guru menuliskan kata INFO pada kolom respon, yang berarti kata INFO ini yang akan dikirim siswa kepada guru untuk memulai pengerjaan soal penilaianya.

Baca juga:  Pembelajaran Matematika Aritmatika Sosial dengan Anchored Instruction

Atas respon ini siswa mendapat jawaban berupa kalimat petunjuk untuk mengetikkan kata OK agar mendapat respon kembali berupa kalimat petunjuk pengerjaan soal penilaian menggunakan whatsapp auto berupa ketentuan yang harus diikuti siswa. Ketiga, guru memberi tahu siswa pada whatsapp group bahwa guru akan mengadakan penilaian harian menggunakan whatsapp auto dan siswa tidak perlu mendownload aplikasi tersebut. Siswa diminta hanya mengetikkan kata INFO yang ditujukan pada guru melalui WA pribadi (japri) guru sebagai permulaan dan siswa untuk mengikuti petunjuk selanjutnya.

Dengan menggunakan whatsapp auto ini, pelaksanaan penilaian menjadi lebih efektif dan sebagian besar siswa bisa melaksanakan dengan tepat waktu karena lebih mudah dan menarik. Siswa tidak merasa terbebani ketika harus menuliskan jawaban secara manual dan waktu pengerjaanya juga fleksibel. Selain itu siswa juga bisa langsung mengetahui apakah jawabanya sudah benar atau belum dan jumlah perolehan nilai yang mereka dapatkan.

Baca juga:  Belajar PAIBP Lebih Menyenangkan dengan PAIKEM Gembrot

Penggunaan aplikasi ini cukup efektif dan paling tidak dapat membantu guru dan siswa dalam melaksanakan proses penilaian harian, meskipun tentunya ada kendala karena guru dan siswa tidak bisa bertatap muka secara langsung. (ti2/ton)

Guru SMP N 3 Tirto Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya