alexametrics

Kaya Perbendaharaan Kata dengan Cerpen Anak

Oleh : Novita Ragilia, S.Pd, SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, CERPEN merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

Cerpen juga bisa disebut sebagai fiksi prosa karena cerita yang disuguhkan hanya berfokus pada satu konflik permasalahan yang dialami oleh tokoh mulai dari pengenalah karakter hingga penyelesaian permasalahan yang dialami oleh tokoh. Cerpen juga terdiri tidak lebih dari sepuluh ribu kata saja.

Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Saat membaca cerpen biasanya sangat cepat selesai. Selain itu isi pada cerpen juga sangat mudah dipahami karena ceritanya yang relatif pendek. Oleh karena itu banyak orang yang suka dengan cerita yang singkat dan tidak rumit seperti pada cerpen.

Baca juga:  Pelajari Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Aktivitas

Pada umumnya permasalahan yang dikisahkan pada cerpen tidak terlalu rumit. Maka dari itu jumlah kata pada cerpen juga dibatasi. Biasanya cerpen terdiri dari berbagai kisah seperti genre percintaan, kasih sayang, jenaka, dan lain-lain. Pada cerpen juga mengandung pesan dan amanat untuk para pembaca. Sama halnya dengan cerpen anak, mengandung pesan dan amanat untuk anak-anak pada usianya.

Pada kelas 5 sekolah dasar sudah mulai dikenalkan cerpen anak. Pada mapel Bahasa Indonesia materi cerpen ini disampaikan. Begitu pula di SDN 02 Donowangu Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan, cerpen anak disampaikan dalam materi-materi yang tergabung dalam tema-tema pembelajaran. Diantaranya tentang manfaat membaca cerpen.

Salah satu manfaat membaca cerpen anak adalah memperkaya perbendaharaan bahasa. Dengan sering membaca cerita pendek, maka anak akan menambah ilmu dalam perbendaharaan bahasa, karena terkadang bahasa yang terdapat dalam cerita pendek berkombinasi. Mengubah pola berfikir. Cerita pendek yang mempunyai karakter cerita yang luas, biasanya memiliki banyak arti dan manfaat yang terkandung dalam isi cerita pendek tersebut. Dengan membaca cerita pendek, pikiran anak terkadang bisa dipengaruhi oleh isi cerita tersebut.

Baca juga:  Komik Bervisi SETS untuk Belajar IPA

Cerpen yang disajikan untuk anak tentunya berbeda dengan cerpen dewasa. Cerpen anak lebih bersifat memberi motivasi, berkesan lucu atau menarik dan mengandung pesan pendidikan.
Harapannya dengan anak sering membaca cerpen dapat mengambil hal-hal yang positip melalui amanat yang disampaiakan dan mampu mengimplemantasikan dalam kehidupan sehari-hari. (nov1/zal)

Guru SDN 02 Donowangun, Kab Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya