alexametrics

Pemanfaatan Aplikasi Google Slide pada Mata Pelajaran IPS

Oleh: Mujirin, S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Kemajuan teknologi di era sekarang ini berdampak pada dunia pendidikan yang menggunakan media pembelajaran sebagai perantara atau penyampaian informasi dan materi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Sehingga dalam penggunaannya perlu memilih media teknologi dengan tepat, media media apa yang sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Media pembelajaran yang menarik akan membuat peserta didik lebih peka untuk memperhatikan materi yang disampaikan. Sehingga tujuan pembelajaran dari materi akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik. Pemanfaatan teknologi dengan media aplikasi google slide sebagai alternatif yang menarik bagi peserta didik untuk belajar IPS. Google slide merupakan salah satu perangkat lunak pembuatan slide presentasi seperti power point secara online.

Media pembelajaran merupakan saluran atau jembatan dari pesan-pesan pembelajaran yang disampaikan oleh sumber pesan (guru) kepada penerima pesan (siswa) dengan maksud agar pesan-pesan tersebut dapat diserap dengan cepat dan tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran (Anitah, 2009: 64).

Baca juga:  Kreativitas dan Semangat Wirausaha Meningkat melalui Project Ekonomi Kreatif

Hamdani (2011: 243) media pembelajaran merupakan alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran yang terdiri atas buku, tape recorder, kaset, video, kamera, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi dan komputer.

Salah satu produk dari google yang dapat dimanfaatkan guru untuk menggelar pembelajaran interaktif secara online adalah dengan menggunakan google slide. Dengan google slide, peserta didik dapat membuat, mengedit, berkolaborasi, dan melakukan presentasi di mana saja berada secara gratis.

Adapun langkah-langkah dalam pembuatan google slide antara lain guru dan peserta didik memiliki akun belajar.id atau akun gmail. Login akun klik new dan pilih aplikasi google slide, membuat presentasi dalam google slide, proses pengeditan untuk menghasilkan produk google slide yang baik. Finishing produk google slide dengan hasil presentasi materi pembelajaran secara online.

Baca juga:  Gaspowl Qu Pembelajaran Daring Pythagoras

Kelebihan aplikasi google slide diantaranya adalah berbasis cloud, salah satu kelebihan dari google slides adalah layanan ini sudah berbasis cloud. Kita tidak perlu khawatir karena kehilangan file saat mati listrik. Sebab, semua hasil pekerjaan kita telah tersimpan rapi dan otomatis di cloud. Setiap kali ada perubahan yang dibuat, google slides akan menyimpannya secara otomatis. Dikarenakan berbasis cloud, google slides dapat kita akses kapan saja dan dimana saja.

Kolaborasi, kelebihan aplikasi google slide seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Google slides memungkinkan penggunanya yaitu guru dan peserta didik untuk melakukan kolaborasi kegiatan belajar mengajar dengan semua peserta didik dalam satu kelas. Hal ini layaknya layanan G-suites lainnya, seperti google docs dan google sheets. Dengan demikian, guru dan peserta didik dapat mengedit dan melihat satu file google slides dalam waktu yang bersamaan.

Baca juga:  Pembelajaran Berbasis Proyek pada Tahap Pelaporan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Mudah digunakan oleh peserta didik pemula, google slides menyediakan tampilan yang sederhana. Hal ini memudahkan peserta didik jika tidak terlalu paham cara membuat presentasi. Toolbar yang disajikan sudah tertata rapi di dalam tampilannya sehingga peserta didik tinggal memilih ingin menambahkan template, background presentasi, gambar, ataupun yang lainnya. Keuntungan berikutnya gratis. Ini salah satu keuntungan google slides yang sangat dinanti-nantikan oleh kebanyakan orang.

Termasuk guru dan peserta didik. Layanan ini dapat kita gunakan secara gratis. Meskipun ada fitur berbayarnya, guru dan peserta didik sudah bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan fasilitas yang mencukupi. Pasalnya, tanpa menggunakan fitur berbayar, Google Slides telah menyediakan beragam fasilitas yang memudahkan kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Kejobong dalam membuat presentasi untuk kegiatan belajar mengajar (KBM). (pr2/lis)

Guru IPS SMP Negeri 1 Kejobong, Kabupaten Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya