alexametrics

Pembelajaran Praktik Kultur Pakan Alami di Masa PJJ

Oleh : Asih Susieni, S.Pi., M.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dengan adanya kasus Covid-19, pembelajaran masih dilaksanakan secara jarak jauh atau yang dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ membutuhkan strategi pengelolaan yang tepat agar dapat mendukung peserta didik belajar secara optimal sekaligus melindungi dari bahaya paparan Covid-19.

Apalagi dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat perlu melaksanakan pembelajaran praktik. Pada masa pandemi ini, banyak kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran praktik, karena belum diizinkan untuk dilaksanakan di sekolah. Semua dilakukan secara daring. Termasuk pada mata pelajaran Produksi Pakan Alami dan Buatan di kelas X APAT, Program Keahlian Perikanan SMK Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang.

Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan melalui Google Class Room (GCR). Materi diberikan guru dalam bentuk word atau pdf dan Power Point (PP). Materi juga dibagikan melalui aplikasi WhatsApp Grup (WAG) kelas. Namun, untuk pembelajaran praktik masih terkendala, padahal pembelajaran di SMK 60% praktik, 40% teori. Peserta didik juga merasakan kesulitan memahami pelajaran praktik yang diberikan secara daring.

Baca juga:  Memberdayakan KKG sebagai Rumah bagi Guru

Pengetahuan dan pemahaman peserta didik saat mengikuti pembelajaran daring tersebut sangat mungkin dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengelola proses PJJ. Keengganan guru bereksplorasi dengan model dan metode pembelajaran mengakibatkan kejenuhan, ketidaktertarikan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sementara itu tuntutan dunia pendidikan terlebih di SMK adalah partisipasi aktif peserta didik dalam setiap kegiatan pembelajaran.

PJJ juga harus menghadirkan sebuah proses pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik, guru dan orangtua serta relevan dengan kebutuhan akan pendidikan di era pandemi seperti saat ini. Dalam pembelajaran daring ini memerlukan inovasi model pembelajaran yang efektif.

Di bidang pendidikan, inovasi pembelajaran ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi serta meningkatkan kualitas pembelajaran melalui berbagai pembaharuan dalam teori pedagogi, pendekatan metodologis, teknik mengajar, alat pembelajaran, proses pembelajaran maupun struktur institusional (Serdyukov, 2017).

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Pengolahan Kue Indonesia dengan Jobsheet Bergambar

Penerapan metode pembelajaran praktik pada mata pelajaran Produksi Pakan Alami dan Buatan kompetensi dasar Kultur Pakan Alami di kelas X APAT, Program Keahlian Perikanan SMK Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang, dilakukan dengan memanfaatkan digitalisasi. Dimulai dari mengubah mindset atau pola pikir dan perilaku peserta didik. Digitalisasi dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi YouTube.

Peserta didik diajak untuk mengamati dan mencari informasi melalui video di YouTube terkait cara mengkultur pakan alami yang dapat dimanfaatkan dalam budidaya ikan. Setelah mengamati dan mendapatkan informasi tersebut, peserta didik diberikan tugas untuk mempraktikkan cara mengkultur pakan alami mengikuti panduan yang ada di video yang telah mereka lihat.

Metode pembelajaran praktik seperti ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan melihat dan melakukan sesuatu berdasarkan apa yang diperoleh dari suatu sumber belajar (video YouTube), kreatif, menarik dan memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengeksplor.

Baca juga:  Pede Meningkat dengan Biindi Matematika

Praktik dilakukan di rumah masing-masing dan diberikan waktu selama 1 minggu. Proses praktik sampai dengan hasil, didokumentasi dalam bentuk video berdurasi pendek, namun tetap memenuhi tujuan dari kegiatan praktik itu sendiri.

Pembelajaran praktik dengan metode tersebut diharapkan dapat membangkitkan antusiasme dan efektivitas proses belajar mengajar melalui berbagai cara. Dimulai dengan memanfaatkan apa yang tersedia di sekitar peserta didik.

Penggunaan metode pembelajaran praktik yang sesuai dengan karakteristik materi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik juga akan meningkat. (mn1/lis)

Guru Produktif Perikanan, SMKN 1 Salam, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya