alexametrics

Efektivitas Metode Scramble dalam Menentukan Gagasan Pokok

Oleh : Siti Isrowiyah S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENENTUKAN gagasan pokok paragraf merupakan hal dasar yang perlu dikuasai oleh siswa. Kemampuan tersebut sangat diperlukan guna mengembangkan kemampuan berpikir dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan dan kemampuan menjelaskan isi teks.

Kegiatan menentukan gagasan pokok paragraf dalam pembelajaran membaca intensif perlu diajarkan dengan tidak hanya menjelaskan materi saja kepada siswa. Akan tetapi, bagaimana menuangkan konsep materi tersebut sehingga siswa benar-benar memahami isi bacaan. Hal ini dapat dilakukan melalui metode pembelajaran yang dapat menimbulkan keaktifan siswa, mengesankan, dan berdampak pada kemampuan siswa dalam menentukan gagasan pokok paragraf.

Salah satu metode yang dianggap efektif oleh penulis dalam pembelajaran tersebut yaitu metode scramble. Metode tersebut penulis terapkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan gagasan pokok paragraf pada siswa kelas IV SDN Rejosari 01, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang.

Baca juga:  Peningkatan Menulis Teks Fabel dengan Media Gambar Berseri

Metode scramble merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang sangat cocok diterapkan untuk siswa. Metode ini dilakukan dengan mengacaukan struktur yang sudah jadi untuk disusun kembali oleh siswa.

Metode scramble dianggap dapat mendorong siswa berpikir secara aktif dan mengutamakan kemampuan menemukan, meskipun dalam kegiatan berkelompok. Seperti yang dikemukakan Suyatno (2009), siswa dalam metode ini dituntut menciptakan rasa tanggung jawab pada diri anggota kelompok atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya sehingga siswa tidak ada yang diam karena setiap individu dalam kelompok diberi tanggung jawab akan keberhasilan kelompoknya. Siswa juga tidak akan merasa tertekan karena metode ini memungkinkan siswa untuk belajar sambil bermain sehingga menimbulkan kegembiraan. Ini meyebabkan pembelajaran menggunakan metode ini berkesan dan sulit untuk dilupakan.

Komalasari (2013: 84) menyatakan, scramble merupakan metode pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep secara kreatif dengan cara menyusun huruf-huruf yang disusun secara acak sehingga membentuk suatu jawaban atau pasangan konsep yang dimaksud. Melalui pembelajaran dengan metode scramble ini, siswa dapat dilatih berkreasi menyusun kata, kalimat, atau wacana yang acak susunannya dengan susunan yang bermakna dan mungkin lebih baik dari susunan aslinya.

Baca juga:  Dengan Kartu Soal Belajar Matematika Menjadi Lebih Menarik

Langkah-langkah yang dilakukan dalam penerapan metode scramble sebagai berikut, pertama, persiapan. Guru menyiapkan bahan dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Media yang digunakan berupa kartu soal dan kartu-kartu jawaban, yang sebelumnya jawaban telah diacak sedemikian rupa.

Guru menyiapkan kartu-kartu sebanyak kelompok yang telah dibagi. Kedua, kegiatan inti. Kegiatan dalam tahap ini adalah setiap masing-masing kelompok melakukan diskusi untuk mengerjakan soal pada kartu soal dan menyusun kartu jawaban yang sesuai dengan perintah pada kartu soal.

Guru kemudian mengarahkan siswa melakukan diskusi atas hasil kerja yang telah disepakati dalam masing-masing kelompok kemudian membandingkan dan mengkaji jawaban yang tepat dan logis. Ketiga, melakukan evaluasi terkait dengan pembelajaran yang dilakukan. Keempat, memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki hasil dan aktivitas terbaik.

Baca juga:  Asyiknya Belajar IPA Menggunakan Baper TTS

Penerapan metode scramble mendorong siswa untuk aktif menggunakan intuisi, imajinasi, dan kreativitasnya. Metode ini tidak hanya mengubah hasil belajar siswa, tetapi mengubah gaya belajar siswa menjadi lebih menyenangkan. Ini menunjukkan bahwa metode scramble efektif digunakan dalam menentukan gagasan pokok paragraf dalam pembelajaran, terutama bagi siswa kelas IV SDN Rejosari 01, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang. (rs2/ida)

Guru SD Negeri Rejosari 01, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya