alexametrics

Tingkatkan Minat Belajar Siswa saat Pandemi melalui Metode Hibur

Oleh: Hapsarita Ferbiyani,S.Psi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MINAT adalah bagaimana seseorang bisa melakukan sesuatu dengan kondisi yang lebih menyenangkan sama halnya dengan belajar yang juga perlu ditawarkan hal-hal yang menyenangkan bagi siswa agar lebih enjoy dan senang dalam menjalani kegiatan belajar mengajar.

Safari dalam bukunya yang berjudul ‘’Minat Belajar Siswa’’ menyebutkan beberapa indikator minat belajar siswa antara lain perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa serta keterlibatan siswa.

Kondisi Pandemi saat ini memaksa guru dan siswa menyesuaikan dengan situasi yang ada. Proses kegiatan belajar mengajar yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka langsung, memaksa guru maupun siswa merubah pola belajar, yakni secara daring yang secara otomatis berimbas pencapaian pembelajaran menjadi turun menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

Banyak faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa menurun di musim pandemi. Selain karena alasan fasilitas yang tidak memadai, salah satunya adalah minimnya keterlibatan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar, artinya guru hanya sebatas memberikan tugas saja.

Baca juga:  Mengasuh Anak di Era Digital

Bertemunya hanya melalui layar zoom meeting, whatsaap atau alat digital lainya menyebabkan siswa kurang merasakan keterlibatan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar yang dijalani.

Cara kreatif untuk mengatasi permasalahan yang ada, salah satunya adalah metode hibur. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikenal sebuah metode bernama metode hibur yang dapat membantu meningkatkan rasa suka, senang dan minat yang lebih pada suatu materi.

Sebagai contoh misalnya siswa diminta menonton dan menikmati tayangan drama untuk mendapatkan informasi pembelajaran sesuai dengan materi yang diujikan. Metode ini telah diterapkan di SDN 4 Kutoharjo dan hasil pembelajaran siswa menjadi lebih baik.

Caranya guru memberi tugas kepada siswanya untuk menonton sebuah drama di layar televisi di rumah masing-masing dengan tujuan agar siswa mampu menemukan unsur-unsur intrinsik yang ada dalam drama tersebut.

Baca juga:  Cara Cepat Belajar Membaca Tanpa Dieja

Unsur intrinsi tersebut terdiri dari tema, tokoh, perwatakan, latar / setting, alur cerita / plot dan amanat pengarang. Setelah menonton sebuah Drama maka siswa diharapkan dapat menyebutkan: Pokok permasalahan yang mendasari cerita.

Tokoh yang menjadi pelaku cerita berdasarkan jenis kelamin, pria (actor) dan wanita (aktris), berdasarkan sifatnya (tokoh protagonist,antagonis dan tritagonis), berdasarkan peranya (tokoh utama atau pembantu). Perwatakan / penokohan adalah penggambaran sifat batin seseorang yang disajikan dalam cerita watak digambarkan dalam 3 sudut pandang : keadaan fisik meliputi umur,jenis kelamin, ciri-ciri tubuh,raut muka.

Keadaan psikis meliputi watak,kegemaran,mental dan keadaan emosi. Keadaan sosiologis meliputi jabatan, pekerjaan, kelas social, ras, agama, dan ideology. Latar / setting terdiri dari setting tempat, setting waktu, setting social berhubungan dengan perilaku kehidupan social masyarakat disuatu tempat.Kata kuncinya kapan, dimana, dan bagaimana.

Baca juga:  Video Pendek Atasi Kendala Sinyal pada Pembelajaran Daring Mapel PJOK

Alur cerita / plot tahapan cerita dalam drama terdiri dari perkenalan, konflik, klimaks, peleraian, penyelesaian. Amanat pengarang adalah nilai didik atau pelajaran yang disampaikan pengarang kepada penonton melalui karyanya. Di masa pandemi ini, metode hibur ini sangat sesuai diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar agar siswa tidak bosan dan jenuh pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Dengan metode hibur, pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 4 Kutoharjo menjadi menarik, alasannya peserta didik dapat belajar mandiri, efektif, tapi santai dan menyenangkan. Penulis berharap, tulisan sederhana ini bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dimasa pandemic covid. (ra2/zal)

Guru SDN 4 Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya