alexametrics

Power Point, Mudahkan Belajar Bahasa Jerman

Oleh : Ika Rosidah, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Sebagai sarana berkomunikasi, kerjasama, berinteraksi, mengeluarkan pendapat serta mengidentifikasi diri. Penguasaan keterampilan berbahasa merupakan sebuah tuntutan, khususnya Bahasa asing. Untuk itu perlu diajarkan Bahasa Jerman yang merupakan bagian Bahasa asing internasional di sekolah.

Dalam pembelajaran Bahasa Jerman terdiri dari empat keterampilan. Yaitu ; keterampilan menyimak atau mendengarkan (Hőrverstehen), keterampilan berbicara (Sprechfertigkeit), keterampilan membaca (Leseverstehen), dan keterampilan menulis (Schreibfertigkeit). Untuk menguasai keterampilan tersebut, tidak jarang peserta didik menemui kesulitan dalam memahami isi materi pembelajaran Bahasa Jerman.

Banyak tantangan guru Bahasa Jerman untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Diantaranya Bahasa Jerman tergolong mata pelajaran baru yang diajarkan di sekolah, khususnya peserta didik kelas X SMAN 2 Pemalang. Faktor lainnya cara pengucapan dan menghafalkan kosa kata berikut gramatiknya.

Baca juga:  Meningkatkan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran di Masa Pandemi

Salah satu upaya untuk memudahkan guru menyampaikan materi kepada peserta didik dengan menggunakan perangkat teknologi menarik. Maka dipilihlah Power Point sebagai sarana dalam proses pembelajaran. Media ini merupakan salah satu jenis media interaktif berbasis komputer.

Media Power Point sebagai media pembelajaran dikemas dalam bentuk perpaduan teks, symbol symbol, gambar, animasi, dan suara yang digunakan untuk menyampaikan materi. Sehingga peserta didik dapat lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu juga disertakan contoh soal dan tanya jawab terkait dengan materi yang disampaikan.

Ada banyak kelebihan dari pemanfaatan media pembelajaran power point. Diantaranya pertama, dalam satu halaman presentasi power point dapat menampilkan tulisan beragam warna, gambar, animasi, bahkan video dan suara.

Menyampaikan materi Bahasa Jerman dirasa belum cukup jika hanya menggunakan media konvensional. Pemanfaatan media power point sangat diperlukan guna menunjang jalannya kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan pelajaran terasa mudah.

Baca juga:  Mengembangkan Nilai-Nilai Nasionalisme melalui Role Play

Dalam power point tersedia menu untuk menampilkan video dan audio sehingga peserta didik dapat dengan mudah menirukan pengucapan dan pelafalan kosakata dan kalimat dengan ekskresi yang seharusnya.

Kedua; file power point dapat disimpan ke dalam fasilitas virtual. Seperti website, google drive dan sebagainya. Sehingga tidak mudah hilang atau rusak, dan dapat diunduh saat dibutuhkan. File power point juga dapat dikirim melalui email, dan media sosial seperti whatsapp, facebook, twitter, instagram dan sebagainya.

Power point juga sangat efektif memudahkan tugas guru dan peserta didik dalam belajar. Power point yang dibuat guru harus menyesuaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dimana didalamnya harus ada alokasi waktu dan berapa jumlah slide atau layer power point yang ditampilkan.

Baca juga:  EL Tingkatkan Kemampuan Percaya Diri Siswa dalam Pembelajaran PAIBP

Missalnya dalam RPP tertera durasi alokasi waktu dalam satu kali pertemuan 45 menit. Maka guru dapat membagi waktu 30 menit untuk presentasi, sisanya untuk evaluasi kepada peserta didik. Alokasi waktu untuk penyajian atau presentasi digunakan untuk membatasi jumlah slide.

Slide yang dibuat semenarik mungkin dengan materi yang disajikan secara singkat , jelas , mudah dicerna dan dipahami peserta didik. Hal ini dapat memotivasi peserta didik dalam pembelajaran dan mengembangkan kemampuannya.

Demikian manfaat penggunaan power point dalam proses pembelajaran Bahasa Jerman. Diharapkan dapat memudahkan penyampaian materi pelajaran. Sehingga peserta didik yang mengikuti pelajaran dapat termotivasi untuk memahami yang disampaikan guru. (ra1/fth)

Guru SMA Negeri 2 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya