alexametrics

Mabar Berpoint Tingkatkan Minat dan Motivasi Belajar Tematik

Oleh: Yusni Usman Ningrum, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, WABAH Corona Virus Disease (Covid-19) yang telah melanda seluruh dunia termasuk negara Indonesia. Banyak sekali sektor yang terkena dampak virus corona tersebut, salah satunya dalam dunia pendidikan. Selama masa pandemi aktifitas belajar yang dilaksanakan dari rumah tanpa pengawasan langsung dari guru.

Hal ini tentu saja menimbulkan berbagai masalah diantaranya interaksi guru dengan siswa yang tidak maksimal, pemberian banyak tugas yang membebani siswa, kurangnya dampingan dari orang tua, ketidakdisiplinan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan masih banyak masalah lain yang dihadapi.

Menurut (Syaiful, 2009) pembelajaran adalah proses komunikasi dua arah yang dilakukan oleh guru kepada siswa yang bertujuan untuk mengajarkan siswa dengan menggunakan prinsip-prinsip pendidikan dan teori-teori belajar.
Hal yang paling penting dan perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar yaitu metode dan media pembelajaran yang digunakan. Kedua hal tersebut merupakan aspek paling penting dan saling berkaitan yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Dalam memilih suatu metode pembelajaran yang akan digunakan, tentu akan berpengaruh juga terhadap jenis media pembelajarannya siswa dalam berkomunikasi secara efektif. Tujuan media pembelajaran ialah membantu guru dalam menyampaikan pesan atau materi pelajaran kepada siswa agar siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran. Oleh sebab itu, dalam memilih media pembelajaran, guru harus dapat menyesuaikan kondisi lingkungan dan keadaan siswa agar media pembelajaran dan metode pembelajaran yang ingin digunakan dapat berjalan dengan efektif.

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi dan minat bagi siswa. Adapun manfaat media pembelajaran yaitu dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman dan siswa juga dapat menyajikan data dengan menarik serta terpercaya.

Dampak pandemi dalam pembelajaran dan tuntutan untuk mengatasinya juga dirasakan oleh penulis sebagai guru kelas 6 SD Negeri Sriwedari 2. Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh yang terjadi, penulis membuat alat pelajaran berupa animasi pembelajaran “Mabar Berpoint”. Mabar berpoint merupakan akronim dari animasi pembelajaran berbasis power point. Mabar berpoint dikemas dalam slide presentasi power point yang menarik dan mencakup berbagai materi pembelajaran dan tugas-tugas siswa. Sehingga, penggunaan alat pelajaran ini dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa.

Mabar Berpoint dibuat menarik dengan kombinasi, gambar, warna, tulisan, serta gambar bergerak. Mabar Berpoint memiliki tiga bagian utama, yaitu bagian awal, inti, dan akhir. Bagian awal Mabar Berpoint terdiri dari bagian judul dan tujuan pembelajaran. Judul berupa slide yang memuat kelas, tema yang dipelajari, subtema yang dipelajari, dan pembelajaran yang dipelajari.

Bagian judul ini terdiri dari 1 slide yang menggunakan background dan gambar menarik. Tujuan pembelajaran memuat kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada pembelajaran yang dimaksud. Background pada tujuan pembelajaran masih sama dengan judul tetapi lebih banyak berisi tulisan berupa tujuan pembelajaran. Bagian inti Mabar Berpoint terdiri dari bagian materi dan latihan soal.

Jumlah slide pada bagian materi tergantung pada banyaknya materi yang dipelajari pada hari tersebut. Karena Mabar Berpoint ini merupakan animasi pembelajaran tematik, maka materi yang disuguhkan juga beragam sesuai tema, subtema dan pembelajaran ke berapa yang sedang dipelajari. Bagian akhir menampilkan slide refleksi. Bagian ini dirancang bagi peserta didik untuk memilih emoti mana yang sesuai dengan suasana hati mereka setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Animasi Pembelajaran Mabar Berpoint ini diawali dengan menyapa siswa melalui WA group. Selanjunya, guru menyampaikan apersepsi dan tujuan pembelajaran pada hari tersebut. Langkah berikutnya adalah membagikan link google drive yang berisi animasi pembelajaran Mabar Berpoint sesuai dengan tema, subtema, dan pembelajaran yang diikuti.

Langkah terakhir, memberikan motivasi untuk tetap semangat belajar dan tetap mematuhi protocol kesehatan. Dengan menariknya media pembelajaran dan langkah pembelajaran yang diterapkan dapat memberikan dampak baik bagi peserta didik. Dampak tersebut adalah meningkatkan minat dan motivasi belajar daring. Tidak hanya berdampak baik bagi siswa tetapi bagi orang tua juga yaitu memudahkan orang tua dalam memberikan pendampingan belajar bagi putra putrinya. (pm2/zal)

Guru SDN Sriwedari 2 Kabupaten Magelang

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Jadikan Warga Binaan Entrepreneur

Jadikan Polisi Sahabat Anak

Ditimpa Pohon, Sendang Putri Rusak

Populer

Artikel Menarik Lainnya