alexametrics

Quizizz Solusi Penilaian Harian PTM dan PJJ

Oleh : Supeno, S.Pd., M.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran merupakan sistem untuk membantu proses belajar peserta didik. Berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sehingga dapat mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar secara internal.

Proses pembelajaran pada satuan guruan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Memberikan ruang bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik, Gagne (1979).

Guru termasuk penulis berusaha agar peserta didik menguasai materi dengan mewujudkan pembelajaran baik. Penguasaan materi tinggi, maka semakin tinggi pula hasil belajar dihasilkan. Dibutuhkan metode, strategi, dan media pembelajaran tepat.

Strategi merupakan cara yang digunakan guru untuk menyampaikan materi. Media pembelajaran bermanfaat menyajikan materi dan informasi. Sementara media pembelajaran mengarahkan perhatian peserta didik. Sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar yang berdampak keaktifan dan hasil belajar.

Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas dengan protokol kesehatan sudah berlangsung lebih dua bulan. Termasuk di SMA Negeri 11 Semarang. Jumlah peserta didik terdiri setengah dari jumlah peserta didik dalam kelas. Setengah jumlah peserta didik lainnya mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara bergantian setiap dua minggu dengan materi pelajaran sama.

Dalam pelaksanaan PTM dan PJJ, penulis sebagai guru mata pelajaran Kimia menggunakan media laptop, handphone, LCD, Teams, WhatsApp Groups, Powerpoint, form dan quizizz, serta jaringan internet. Laptop dan LCD sebagai media presentasi.

Handphone sarana untuk shoot agar yang belajar dari rumah terpantau dengan baik. Teams sebagai media komunikasi virtual, koneksi dengan form dan penjadwalan. Google classroom sebagai media pembagian kelas dan koneksi dengan quizizz.

WhatsApp Groups sebagai media penyampaian pesan cepat. Power point sebagai media untuk membuat materi pelajaran, serta form dan quizizz sebagai media penilaian.

Quizizz merupakan aplikasi permainan yang bersifat naratif dan fleksibel. Dapat digunakan media penilaian pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sekaligus bisa sebagai sarana menyampaikan materi pelajaran.

Aplikasi quizizz memiliki beberapa kelebihan yang mudah digunakan. Contohnya terdapat data dan perhitungan statistik kinerja peserta didik, yang hasilnya dapat menggambarkan sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Nantinya bisa menjadi ukuran keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan.

Hal ini dapat memberikan warna baru terhadap evaluasi guru dan pola pembelajaran menyenangkan. Aplikasi ini juga terdapat banyak fitur lain, yang dapat dimanfaatkan. Di samping mengerjakan tugas, peserta didik dapat merasakan pembelajaran yang tidak terlalu berat dalam memikirkan jawaban. Sebab dalam aplikasi quizizz memiliki tampilan segar dan kaya sesuatu yang menyenangkan. Selain penggunaannya mudah, quizizz memiliki 4-5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar.

Setelah soal tersaji, dapat diatur melalui pengaturan umum dan pengaturan aktivitas. Pengaturan umum mulai dari berapa kali peserta didik dapat mengerjakan soal tersebut. Sementara pengaturan aktivitas antara lain pengaturan waktu, tampilan papan peringkat, acak pertanyaan dan pilihan jawaban.

Bisa ditambahkan gambar pada latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan pertanyaan sesuai dengan keinginan. Bila kuis sudah jadi, dapat dibagikan kepada peserta didik sebagai tugas langsung atau pekerjaan rumah dengan menggunakan kode 6 digit yang dihasilkan.

Penulis menerapkan dalam penilaian harian kimia kelas X pokok materi 3.2 menjelaskan konfigurasi elektron dan pola konfigurasi elektron terluar untuk setiap golongan unsur dalam tabel periodik. Dari 20 soal, dikerjakan 36 peserta didik, 30 peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) lengkap dengan peringkatnya. Enam peserta didik belum mencapai KKM. Peserta didik yang belum mencapai KKM dilakukan penilaian remedial.

Dari hasil ini, pembelajaran tatap muka dengan kombinasi belajar dari rumah, penggunaan quizizz dapat sebagai solusi sebagai media pembelajaran dalam penilaian harian maupun penyampaian materi.

Guru SMA Negeri 11 Semarang

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya