alexametrics

Vidio Call dalam Pembelajaran IPS Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Oleh : Nufindah Pribadi, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA pembelajaran IPS di masa pandemi ini, guru harus banyak-banyak mengkreativitaskan ide pembelajaran, karena jika tidak maka akan menurunkan minat belajar peserta didik, karena peserta didik akan merasa jenuh jika hanya diberi tugas meresum, mengerjakan soal dan melihat vidio pembelajaran dari youtube saja.

Pada materi BAB II tentang pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan yaitu mobilitas sosial hal ini banyak terkait dengan kondisi kehidupan sosial peserta didik dan dengan cara ini diharapkan dapat menggali pemahaman peserta didik secara lebih mendalam lagi tentang pengertian dan contoh dari mobilitas sosial dalam pembelajaran IPS kali ini akan digunakan media pembelajaran beda sebagai penarik minat peserta didik.

Dalam pembelajaran IPS kali ini akan memanfaatkan vidio call pada wa group sebagai sarana atau media dalam pembelajaran agar bisa menumbuhkan minat belajar peserta didik.

Pada materi mobilitis sosial dimana materi ini sangat terkait dengan lingkungan belajar peserta didik, guru akan mempersiapkan langkah-langkah awal yaitu materi akan dishare oleh guru melalui group WA kelas kemudian peserta didik akan membentuk kelompok secara virtual dan akan mencari materi tersebut di buku paket bse atau disekitar lingkungan peserta didik sesuai perintah dari guru dan dicatat dibuku.

Tahap selanjutnya peserta didik akan ditanya dan membuat perjanjian berapa waktu yang akan dibutuhkan untuk mencari dan memahami materi tersebut. Jika sudah tercapai kesepakatan tersebut maka guru memberi kesempatan kepada peserta didik dan setelahnya guru mulai mengaktifkan group dengan melakukan vidio call tiap kelompok.

Secara berurutan guru akan melakukan vidiocall pada peserta didik sesuai kelompoknya dan akan segera melakukan pembelajaran dengan membuka pertanyaan. Akan dijawab secara berantai dan bergilir. Anggota kelompok dan guru akan mencatat jawaban-jawaban mana saja yang tidak bisa dijawab atau terlewatkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya akan menjadi pertimbangan bahan remidial tetapi jika dalam kurun waktu yang telah disepakati anggota kelompok dalam kelompok tersebut dapat menjawab dengan jawaban yang benar maka itu tidak akan menjadikan sebagai bahan pertyimbangan remidial.

Dengan melakukan pembelajaran berbantu media vidio call group wa di SMP Negeri 1 Pecalungan, ternyata sangat menumbuhkan semangat belajar peserta didik karena mereka sangat terpacu untuk berlomba-lomba bisa menjawab semua pertanyaan yang ada, mereka menjadi sangat antusias dan pembelajaran tersebut meskipun didalam jaringan tetapi bisa menumbuhkan semangat dan minat belajar peserta didik sehingga ada perkembangan kearah positif untuk pembelajaran selanjutnya.

Antusiasme peserta didik terlihat sangat besar dalam mengikuti pembelajaran dilihat dari respon mereka dimana meskipun pembelajaran dilakukan dalam jaringan mereka akan segera berlomba atau berebut menjawab ketika ada jawaban kurang tepat atau salah dari teman mereka.

Dari hal tersebut itulah perubahan positif dari minat pembelajaran peserta didik bisa kita ketahui bahkan dengan durasi waktu yang diberikan pada tiap kelompok akan membuat kelompok lain yang belum melakukan vidio call segera mengechat guru untuk menanyakan kapan dimulai pembelajarannya, karena mereka ingin segera melakukan pembelajaran yang menurut mereka beda dari model pembelajaran yang diterapkan seperti biasanya. (ra2/zal)

Guru SMPN 1 Pecalungan

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya