alexametrics

Pembelajaran Seni Grafis Interaktif dengan Media Compact Disk

Oleh: Dra Sri Handayani

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEKNOLOGI pada saat ini semakin berkembang mengikuti dan menutupi segala kebutuhan masyarakat, Multimedia Interaktif merupakan bagian hasil eksplorasi dari pemanfaatan berbagai teknnologi.

Memasuki era virtual, multimedia interaktif hadir sebagai media alternatif yang mampu menjadi penyampai pesan yang cukup efektif untuk masyarakat. Multimedia interaktif akan terus berkembang, baik dalam segi kebutuhan hiburan, kebutuhan style, dan kebutuhan terhadap pemanfaatan kecanggihannya.

Beberapa komponen yang menentukan kualitas pembelajaran adalah kurikulum, sarana prasarana, metode, media, dan kondisi lingkungan belajar. Salah satu faktor diantaranya yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah penerapan media sosialisasi yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam konteks pendidikan interaktif melalui multimedia telah memainkan peranan yang penting dalam mengembangkan proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dinamik dan bermutu. Pendidikan interaktif melalui multimedia ini harus dibantu dengan kemampuan media komputer dalam menyampaikan informasi.

Media Pembelajaran berupa mulimedia interaktif adalah salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan di dalam proses kegiatan belajar mengajar, karena di dalamnya terdiri dari media audio dan visual yang mampu memberikan sebuah informasi atau materi.

Proses pembelajaran akan lebih terarah apabila disajikan menggunakan media yang mudah diaplikasikan dan dipraktekkan oleh siswa, dan media pembelajaran berbasis komputer dapat menjembatani kesulitan peserta didik untuk mempelajari materi yang diajarkan.

CD interaktif ini merupakan revolusi perkembangan media interaktif, dalam dunia pendidikan yang pemanfaatanya sebagai media pembelajaran Kelebihan pada CD Interaktif ini selain didalamnya berisikan pembelajaran seni cetak grafis.

Seni grafis merupakan cabang seni rupa di kelompok seni murni, sejajar dengan seni lukis dan seni patung, kelebihan CD interaktif ini memiliki tampilan sederhana dengan menggunakan tampilan flat style. Mengingat kesulitan peserta didik untuk mengenali, memahami dan pempelajari materi seni cetak grafis.

Pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer dalam pembelajaran seni grafis menjadi sebuah ketertarikan bagi penulis untuk memvisualisasikannya menjadi sebuah karya multimedia pembelajaran interaktif yang dikemas menjadi CD interaktif.

Pemilihan media tersebut pada dasarnya berlandaskan kebutuhan dalam memaksimalkan proses kegiatan belajar mengajar dandapat membantu tenaga pengajar dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik. Begitupun juga peserta didik dapat menjelajahi dan mempelajari isi CD interaktif tersebut secara mandiri.

Materi yang penulis sajikan dalam karya multimedia pembelajaran interaktif ini adalah tentang wawasan seni rupa, pembelajaran seni cetak grafis. Multimedia ini menampilkan materi yang menjelaskan tentang beberapa pencetakan yang dimiliki seni cetak grafis serta teknik-teknik yang diaplikasikan dalam membuat suatu karya seni cetak grafis.

Unsur grafis penunjang materi seperti teks, animasi, suara, video, grafik,dan bahasa pemograman telah disajikan semenarik mungkin dan efektif, seperti animasi yang diaplikasikan pada tombol navigasi yang bergerak muncul secara vertikal atau pemilihan warna yang disesuaikan dengan target penggunanya.Karya Seni Grafis merupakan karya yang dihasilkan melalui proses cetak yang berlandaskan empat prinsip yaitu: cetak tinggi,cetak dalam,cetak datar dan cetak saring.

Penulis berharap dengan penyajian artikel ini peserta didik mampu berkreasi dalam berkarya Seni Grafis sehingga dapat menginspirasi pembaca, khususnya guru Seni Budaya agar dapat mengembangkan kreativitas yang ada di dalam diri peserta didik. Seperti di SMPN 13 Semarang. (fkp2/zal)

Guru SMPN 13 Semarang

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

15 Titik di Lebakbarang Longsor

Tahapan Pemilihan Rektor Unnes Mulai Maret

Vaksinasi Sasar Anak SLB

Menunggak Rp 31 M, 33 Aset Disita

Populer

Artikel Menarik Lainnya