alexametrics

Membentuk Karakter Siswa di Masa Pandemi

Oleh: Dra. Sukini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA hakekatnya, manusia memiliki kemampuan untuk meningkatkan kehidupanya, pengetahuan, atau mengembangkan kepribadian dan ketrampilan. Pada masa pandemi virus covid 19 membawa perubahan disegala bidang, baik bidang pendidikan, ekonomi atau segala bidang sangat berpengaruh.

Sekolah biasanya dipenuhi aktivitas belajar mengajar, dengan adanya pandemi menjadi sepi. Karena pendidikan diganti dengan berbasis internet, dengan pembelajaran jarak jauh yaitu: memanfaatkan jaringan internet, serta tehnologi informasi dan komonikasi.

Tujuan pendidikan adalah untuk membuat cerdas generasi penerus bangsa, serta membentuk karakter bangsa yang berbudaya,sehingga tantangan sebesar apapun harus bisa diatasi dan menjadi tanggung jawab bersama, terutama guru, dosen dan masyarakat pada umumnya.

Pendidikan lebih idealnya didapatkan dalam keluarga, karena lingkungan pertama yang didapati oleh anak sejak lahir hingga tumbuh dewasa. Pendidikan sekolah merupakan salah satu sarana untuk membantu keluarga dalam meningkatkan kemampuan yang ada pada anak.

Seperti di SMPN 10 Semarang. Pada saat ini orang tua dan guru harus selalu bekerjasama untuk kemajuan anak didiknya, terutama sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang, dan pengawas,memastikan menjaga anak untuk menerapkan hidup bersih dan sehat mendampingi anak dalam mengerjakan tugas dari guru masing –masing.

Kemajuan pendidikan merupakan aspek kehidupan yang sangat mendasar untuk pembangunan suatu Negara.Dunia pendidikan diharapkan bisa menjadi salah satu wahana untuk mempersiapkan generasi bangsa,sehingga muncullah Sumder Daya Manusia yang handal dan mempunyai kemampuan untuk menghadapi dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi di dunia yang modern.

Dengan terjadinya covid-19 ,maka terjadi Pendidikan system jarak jauh(PJJ) yaitu :Pendidikan formal berbais Lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada dilokasi terpisah ,sehingga memerlukan system komonikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Pembelajaran jarak jauh secara khusus menghubungkan tehnologi elektronika dan tehnologi berbasis jaringan internet.

Berkembangnya tehnologi dapat membuka peluang baru yang muncul adalah akses sumber materi yang lebih luas terhadap konten multimedia yang lebih kaya ,dan berkembangnya metode pembelajaran baru yang tidak ladi dibatasi oleh ruang, waktu dan sumber belajar. Di sisi lain kemajuan tehnologi dengan beragam desain digital yang terus berkembang.

Pembelajaran jarak jauh merupakan pilihan utama dalam Pendidikan, diharapkan siswa mampu menguasai tehnologi dalam penggunaan laptop, Whatsapp, dan berbagai jenis media yang bisa membantu dalam belajar siswa, kita sebagai pendidik harus lebih mampu menerapkan metode mengajar yang sesua dengan keadaan pandemic.

Berdasarkan Undang- Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 th 2003 tentang Sistim pendidikan Nasional mengemukakan ,bahwa pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sudah hamper 2th pandemic covid -19 yang melanda dunia telah mengubah system kehidupan disegala bidang kehidupan, termasuk dunia Pendidikan.

Adanya kebijakan untuk melakukan work from home (WFH ), social and physical distancing,mengharuskan masyarakat tetap dirumah saja, bekerja, beribadah dan belajar dirumah.Dengan terjadinya kondisi sekarang ini menuntut Lembaga Pendidikan melakukan inovasi dalam proses pembelajaran.

Adanya perubahan system ujian yaitu dihapusnya Ujian Nasional ,belajar dirumah melalui aplikasi tertentu, kuliah daring, bimbingan dan seminar daring adalah contoh pelayanan dalam bidang Pendidikan untuk mempercepat penerapan Pendidikan era Revolusi industry. (bk1/zal)

Guru SMPN 10 Semarang

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya