alexametrics

Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Sinus Cosinus dengan Lagu Syantik

Oleh : Murwati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam pembelajaran sekolah, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dipahami. Untuk itu, diperlukan metode mengajar yang inovatif dan memudahkan semua siswa. Artinya dalam penggunaan metode mengajar tidak harus sama untuk semua pokok bahasan.

Sebab dapat terjadi suatu metode mengajar tertentu cocok untuk satu pokok bahasan, tetapi tidak untuk pokok bahasan lain.

Kenyataannya memang, penguasaan siswa terhadap materi matematika masih tergolong rendah. Dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Kondisi seperti ini juga terjadi di SMA Negeri 2 Slawi kelas XI MIPA Semester 1 Matematika Peminatan materi penjumlahan dan pengurangan sinus dan cosinus. Penguasaan siswa pada materi yang rendah dikhawatirkan mengalami kendala dalam kelulusan khususnya mata pelajaran matematika.

Hasil belajar adalah kompetensi atau kemampuan tertentu baik kognitif, afektif maupun psikomotorik. Yang dicapai atau dikuasai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar (Kunandar, 2013:62).

Baca juga:  Peningkatan Aktivitas Belajar Tentang Diagram Lingkaran melalui Model PBL

Rendahnya hasil belajar matematika siswa dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya media pembelajaran yang digunakan guru yang masih kurang. Selain itu, banyaknya rumus matematika, membuat siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus-rumus tersebut.

Salah satu media yang bisa digunakan guru untuk pembelajaran matematika adalah media lagu (nyanyian). Dengan lagu atau nyanyian dapat memunculkan daya imajinasi serta hal – hal tersembunyi. Sehingga siswa akan mudah mengingat rumus tersebut. Terutama dalam kondisi pandemi yang mengharuskan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masih terbatas.

Model media ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam menghafal rumus. Karena masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk menghafal rumus penjumlahan dan pengurangan sinus cosinus.

Baca juga:  Asyiknya Praktik Membuat Tape dengan Teknik Bioteknologi

Media lagu syantik yang dipopulerkan Siti Badriyah bisa menjadi salah satu alternatif. Dengan metode ini ternyata bisa mempermudah siswa dalam menghafal rumus matematika.

Rumus penjumlahan sinus dan cosinus sendiri adalah sebagai berikut. Sin tambah sin sama dengan dua sin setengah A tambah B dikali cos setengah A dikurangi B. Sin dikurangi sin sama dengan dua cos setengah A tambah B dikali sin setengah A dikurangi B. Cos tambah cos sama dengan dua cos setengah A tambah B dikali cos setengah A dikurangi B. Cos dikurangi cos sama dengan negatif dua sin setengah A tambah B dikali sin setengah A dikurangi B.

Untuk menghafal rumus tersebut kata sin diubah menjadi syantik dan cos diubah menjadi cinta. SMA Negeri 2 Slawi sudah menerapkan kepada siswa kelas XI MIPA 1. Mereka diberikan pembelajaran cara menghafal rumus penjumlahan dan pengurangan sinus dan cosinus dengan media lagu syantik. Syair lagu yang digunakan adalah bagian Reffnya.

Baca juga:  Belajar Matematika Semakin Taktis dengan Quizizz

Untuk selengkapnya perubahan rumus tersebut adalah sebagai berikut. Syantik tambah syantik jadinya sangat cinta, syantik kurang syantik jadinya cuma sayang. Cinta tambah cinta semakin cinta cinta. Cinta kurang cinta tidak semakin sayaaaang.

Media lagu ini dapat meningkatkan daya ingat siswa dalam menghafal rumus penjumlahan dan pengurangan sinus cosinus.

Dengan begitu berdampak pada meningkatnya motivasi siswa untuk menguasai materi pelajaran matematika. Sehingga secara otomatis akan meningkatkan prestasi belajar matematika. (fkp1/fth)

Guru Matematika SMA Negeri 2 Slawi, Kabupaten Tegal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya