alexametrics

GS Tingkatkan Antusias Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh : Tri Anna Dewi Wayanti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Korona mengakibatkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) harus terus berlangsung. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring dan luring. Selama pembelajaran jarak jauh apikasi yang sering digunakan adalah aplikasi WhatsApp grup. Segala aktivitas pembelajaran seperti penyampaian materi dan tugas kebanyakan menggunakan aplikasi WhatsApp Grup.

Namun, kegiatan PJJ yang terus-menerus semacam itu dirasa menimbulkan kejenuhan pada peserta didik. Tanpa kehadiran seorang guru, peserta didik kesulitan memahami materi yang dipelajari secara online. Orang tua juga mengeluh jika setiap saat harus mendampingi putra-putrinya dalam proses pembelajaran online.

Hal ini ditandai dengan semakin berkurangnya antusias peserta didik dalam mengerjakan tugas sehingga berdampak pada jumlah siswa yang mengumpulkan tugas. Kendala tersebut juga dialami di SD Negeri Pakis 1 khususnya kelas 4. Maka, guru harus dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan antusias dan minat belajar peserta didik.
Seorang guru dikatakan profesional apabila pandai dalam mengelola kelas dengan baik.

Baca juga:  Bowling Campus Tingkatkan Hasil Belajar Kognitif

Menurut Tols Toy (Darmansyah, 2010) belajar menyenangkan sangat perlu dalam proses pembelajaran karena sangat membantu peserta didik untuk bisa menjadikan bahan pembelajaran menjadi bermakna, memberi motivasi belajar dan menyediakan kepuasan belajar. Karena pembelajaran menyenangkan membuat anak merasa tidak terbebani dan dipaksa untuk belajar.

Di sinilah guru harus pandai mengelola kelas dalam jaringan. Media apa yang bisa menjadi solusi dalam pembelajaran agar materi bisa disampaikan dengan menarik? Google site (GS) yang diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang menarik, memberikan semangat pada peserta didik.

Banyak layanan yang disediakan dengan pelatar ini. Google site mudah diakses, ekonomis/murah dalam pembuatan maupun penggunaan, memenuhi tujuan pembelajaran, interaktif dan mudah digunakan,tidak memerlukan persyaratan khusus, memanfaatkan teknologi kekinian, cepat dan mudah (Setyawan, 2019). Melaui media Google site guru dapat membuat media pembelajaran berupa materi, gambar, animasi maupun tayangan vidio serta membuat konten positif yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik melalui smartphone setiap saat.

Baca juga:  TTS Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Negara-Negara ASEAN

Google site bisa memberikan sajian materi pembelajaran yang menarik bagi pesera didik, juga sekaligus mengetes pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan dengan memberikan post tes. Pemberian tes bisa diintegrasikan dengan menggunakan Google Form. Dalam pembuatan Google Site tidak harus mengeluarkan uang, peserta didik cukup mempunyai akun. Google site memberikan beberapa manfaat antara lain guru bisa menggunakannya sebagai media pembelajaran mulai dari bahan pelajaran berbentuk teks, visual hingga video.

Guru membuat bahan-bahan pelajaran yang menarik, disajikan dengan gambar-gambar serta video pembelajaran. Diberikan petunjuk lengkap untuk melaksanakan praktikum secara mandiri di rumah kemudian diposting ke dalam google site, dibagikan ke WA grup kelas.

Baca juga:  Pentingnya Media Konkret dalam Matematika

Guru juga bisa menggunakan Google site sebagai media kolaborasi dan interaksi dengan peserta didik, memberikan ruang bagi peserta didik atau lainnya untuk bisa masuk ke dalam situs untuk berinteraksi, memberikan komentar dan kontribusi dalam pembelajaran online.

Google site juga bisa digunakan sebagai mading online yang bisa dilihat oleh semua orang. Guru bisa meminta peserta didik membuat suatu karya untuk dimasukkan ke dalam situs, lalu dibagikan. Penerapan pembelajaran menggunakan media google site mampu memotivasi siswa untuk belajar lebih giat di masa pandemi.

Pembelajaran menggunakan google site juga mampu memberikan pembelajaran yang lebih menarik, tidak membosankan. Sehingga dapat meningkatkan antusias dan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran. (pm1/lis)

Guru SD Negeri Pakis 1, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya